Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Jhony Saputra, Amran Sulaiman Komut Jhonlin Agro (JARR)

Kursi Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) pernah diduduki oleh Amran Sulaiman sebelum diserahkan pada Jhony Saputra.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan paparan pada rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Perlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2019)./ANTARA-Dhemas Reviyanto
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan paparan pada rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Perlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2019)./ANTARA-Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Kursi Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) pernah diduduki oleh Andi Amran Sulaiman sebelum diserahkan pada Jhony Saputra.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Mantan Menteri Pertanian Kabinet Jokowi-JK itu sempat menjadi Komisaris Utama JARR pada tahun lalu. Andi Amran Sulaiman bahkan menjadi salah satu pembicara ketika JARR meresmikan pabrik biodiesel yang dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Mantan Menteri Pertanian Kabinet Kerja 2014–2019 menyebutkan pabrik biodiesel ini dibangun selama 2 tahun dengan total investasi Rp2 triliun kemudian produksinya memiliki kualitas B30 dan bisa dikembangkan menjadi P50 dalam waktu kemudian.

“Pabrik biodiesel ini adalah pabrik terbesar dan pertama di kawasan Timur Indonesia dengan kapasitas 1.500 ton. Kami juga laporkan kawasan industri seluas 730 hektare yang berada di sekitar sini akan dibangun 12 industri,” katanya dikutip Rabu, (13/7/2022).

Dia memerinci, perusahaan akan membangun pabrik biodiesel, pabrik minyak goreng, dan pada Januari 2021 telah di bangun smelter sebanyak 4 unit yang diperkirakan rampung sebelum 2024

“Pembangunan ini akan memberikan nilai tambah yang besar. Kami mencoba mengkalkulasi tadi malam, pembangunan 12 industri ini bisa memberikan 70 kali lipat nilai tambah. Adapun, investasi [12 industri] total di sekitar kawasan akan menghabiskan dana Rp11 triliun dengan tenaga kerja 2320 orang,” ujarnya.

Sementara itu, dalam prospektus IPO teranyar perusahaan nama Amran Sulaiman sudah tidak ada lagi. Kini, posisi Komisaris Utama Jhonlin Agro Raya diduduki oleh putra dari Haji Isam, Jhony Putra.

Jhony Saputra, putra kedua pengusaha batu bara alias crazy rich Kalimantan Selatan Haji Isam, tercatat menjadi komisaris utama JARR berdasarkan laman resmi Jhonlin Agro, dikutip Selasa (12/7/2022). 

Diketahui, pemuda Gen-Z lulusan SMA Al Azhar Pusat tahun 2018 tersebut memiliki banyak pengalaman menjabat di berbagai perusahaan.

Sebut saja perusahaan perkebunan PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Raya yang dimilikinya sejak 2017.

Jhony juga tercatat sebagai pemilik sekaligus pemegang saham PT Modal Harapan Bangsa sejak 2018, dan tercatat memiliki saham PT Surya Mega Adiperkasa sejak 2020.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Jhony Saputra tercatat menjadi juara nasional kelas Free For All Kejurnas Speed Offroad 2017, menaklukkan deretan pembalap ternama seperti Rifat Sungkar hingga sang ayah, Haji Isam.

Sebagai informasi, Haji Isam yang bernama lengkap Syamsudin Andi Arsyad ini tidak hanya dikenal sebagai bos batu bara dan mendirikan perusahaan di sektor bisnis transportasi dan logistik di bawah PT Jhonlin Group.

Dirinya juga hobi offroad dan menaungi tim pembalap Jhonlin Racing Team. Hobinya ini menular kepada putranya Jhony Saputra.

Tidak sendirian, Jhony menduduki bangku komisaris bersama dengan Bambang Aria Wisena dan Usman Aji Purnomo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper