Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! XL Axiata (EXCL) dan Axiata Group Akuisisi Link Net (LINK) Rp8,7 Triliun

Saham PT Link Net Tbk. (LINK) mengalami crossing jumbo hari ini, Rabu (22/6/2022), dengan transaksi mencapai Rp8,71 triliun.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  18:01 WIB
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini - XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini - XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan Axiata Group Bhd resmi menyelesaikan akuisisi 66,03 persen saham PT Link Net Tbk. (LINK).

EXCL diketahui mengakuisisi sebanyak 550 juta saham LINK atau setara 20 persen kepemilikan dengan harga Rp4.800 per saham. 

Sebagai informasi, saham LINK mengalami crossing jumbo hari ini, Rabu (22/6/2022), mencapai Rp8,71 triliun. Empat broker terlibat dalam transaksi ini, yakni PT Maybank Kim Eng Sekuritas dengan kode broker ZP, PT Ciptadana Sekuritas Asia (KI), PT Mandiri Sekuritas (CC), dan PT CGS-CIMB Sekuritas (YU).

Transaksi ini melibatkan sejumlah 18,2 juta lot saham, dengan nilai total mencapai Rp8,71 triliun. Saham-saham tersebut ditransaksikan pada harga beli rata-rata Rp4.800.

Transaksi pembelian tercatat dilakukan oleh Maybank Sekuritas dengan kode broker ZP sebesar Rp6,07 triliun, dari CGS-CIMB Sekuritas. Sementara itu, Mandiri Sekuritas melakukan pembelian sebanyak 5,5 juta lot saham dari Ciptadana Sekuritas dengan nilai Rp2,6 triliun.

Sekretaris Perusahaan XL Axiata Ranty Astari Rachman mengatakan, EXCL memperoleh sejumlah 550.316.196 saham LINK dari pembelian ini.

Ranty menuturkan, EXCL membeli saham LINK pada harga Rp4.800 per saham. Transaksi ini dilakukan pada hari ini, Rabu (22/6/2022).

"Investasi demi memberikan nilai positif bagi seluruh pemegang saham, manajemen, dan karyawan, juga memberikan manfaat terhadap industri telekomunikasi di Indonesia secara lebih luas," ujar Ranty, Rabu (22/6/2022).

Adapun Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd, anak perusahaan yang berada di bawah payung Axiata Group, membeli saham LINK dengan porsi yang lebih besar yakni 46,03 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata akuisisi axiata group bhd link net
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top