Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Startup Suntikan Telkom (RUNS) Resmi Akuisisi Perusahaan Teknologi eCampus

Startup suntikan Telkom, PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) mengakuisisi perusahaan teknologi PT Solusi Kampus Indonesia (SKI) atau eCampus.
PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) resmi listing di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (8/9/2021). RUNS menjadi perusahaan tercatat ke-33 di BEI pada 2021.rn
PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) resmi listing di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (8/9/2021). RUNS menjadi perusahaan tercatat ke-33 di BEI pada 2021.rn

Bisnis.com, JAKARTA – Startup suntikan Telkom, PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) mengakuisisi perusahaan teknologi PT Solusi Kampus Indonesia (SKI) atau eCampus.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Direktur Utama Global Sukses Solusi Sony Rachmadi Purnomo pada RUPSLB yang dilaksanakan 23 Mei 2022 lalu menyatakan para pemegang saham telah menyetujui rencana akuisisi perseroan terhadap SKI senilai Rp9,74 miliar.

Di mana melalui transaksi tersebut, RUNS mengambilalih 450 saham para pemegang saham SKI dengan nilai Rp4,10 miliar dan meningkatkan penyertaan modal perseroan dalam SKI dengan mengambil bagian atas 620 saham baru dengan harga Rp5,64 miliar.

 “Adapun alasan dilakukannya rencana transaksi untuk menambah sumber recurring income baru perseroan dari yang ada saat ini,” ungkap Sony dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (21/6/2022).

Selain itu akuisisi ini juga bertujuan untuk menciptakan ekosistem digital baru yaitu menghubungkan ekosistem korporasi ke ekosistem pendidikan milik SKI, sekaligus memperluas pangsa pasar perseroan.

“Dengan terlaksananya transaksi tersebut, SKI akan secara langsung menjadi anak perusahaan dari perseroan,” jelas Sony.

Sony mengharapkan akuisisi SKI akan membawa keuntungan strategis bagi perseroan mengingat prospek usaha perusahaan tersebut di bidang jasa informasi dan komunikasi serta perdagangan piranti lunak, komputer, dan perlengkapannya pada sektor pendidikan masih sangat luas dan terbuka lebar.

Oleh sebab itu, perseroan menilai SKI merupakan entitas dengan prospek usaha yang sangat menjanjikan.

Kemudian perseroan percaya akan memperoleh manfaat peningkatan pendapatan perseroan, meningkatkan bisnis jumlah pengguna, serta mendapatkan peluang bisnis baru.

Melalui penjelasan tersebut, sebanyak 721,36 juta saham atau 99,99 persen saham yang hadir setuju atas rencana akuisisi perseroan terhadap SKI.

Sebagai informasi, Global Sukses Solusi yang terafiliasi dengan grup Telkom itu, bergerak pada bidang informasi dan komunikasi serta perdagangan besar dan eceran piranti lunak, komputer dan perlengkapannya.

Sementara itu, SKI memiliki produk unggulan berupa platform eCampuz. Sistem Informasi Akademik itu memudahkan pengelolaan aktivitas akademik di perguruan tinggi secara digital. SKI sendiri merupakan anak usaha dari PT Gamatechno Indonesia yang berafiliasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan produk dan layanannya, SKI telah dipercaya oleh ratusan perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi yang telah bermitra antara lain UGM, Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), juga universitas-universitas lain di Tanah Air.

Dilaporkan ada 500.000 mahasiswa yang telah menjadi pengguna aktif eCampuz yang dikembangkan SKI tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper