Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Mentah Melesat, OPEC hanya Tambah Sedikit Produksi

Harga minyak lebih tinggi pada akhir perdagangan Sabtu pagi WIB, didukung oleh ekspektasi bahwa keputusan OPEC meningkatkan sedikit target produksi dari yang direncanakan hanya sehingga pasokan global yang akan diperketat karena China melonggarkan pembatasan COVID-19.
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak lebih tinggi pada akhir perdagangan Sabtu pagi WIB, didukung oleh ekspektasi bahwa keputusan OPEC meningkatkan sedikit target produksi dari yang direncanakan hanya sehingga pasokan global yang akan diperketat karena China melonggarkan pembatasan COVID-19.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus terangkat 2,11 dolar AS atau 1,8 persen, menjadi menetap di 119,72 dolar AS per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli bertambah 2,0 dolar AS atau 1,7 persen, menjadi ditutup di 118,87 dolar AS per barel.

Untuk minggu ini, standar harga minyak mentah AS naik 3,3 persen, sementara Brent naik 3,6 persen, berdasarkan kontrak bulan depan.

Harga minyak mentah AS mencatat kenaikan mingguan keenam karena ketatnya pasokan AS, yang telah mendorong pembicaraan tentang pembatasan ekspor bahan bakar atau pajak rejeki nomplok (windfall profit tax) pada produsen minyak dan gas.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+ pada Kamis (2/6/2022) sepakat untuk meningkatkan produksi sebesar 648.000 barel per hari (bph) per bulan pada Juli dan Agustus dari 432.000 barel per hari seperti yang disepakati sebelumnya.

"Keputusan OPEC+ kemarin dan percepatan yang sedang berlangsung dalam rilis SPR (cadangan minyak strategis) menjaga ketersediaan minyak mentah pada tingkat yang cukup terutama dengan permintaan dari penyulingan yang turun drastis dari beberapa tahun lalu," kata Presiden Ritterbusch and Associates LLC, Jim Ritterbusch, di Galena, Illinois.

Kenaikan produksi bisa di bawah jumlah yang dijanjikan karena OPEC+ membagi kenaikan di seluruh anggotanya dan masih termasuk Rusia, yang produksinya turun karena sanksi telah mendorong beberapa negara untuk menghindari membeli minyaknya sejak invasi ke Ukraina.

Presiden Joe Biden secara terbuka mengakui bahwa ia akan segera melakukan perjalanan ke Arab Saudi, sebuah perjalanan yang menurut beberapa sumber diharapkan dan dapat mencakup pembicaraan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Kunjungan itu akan ditujukan untuk memperkuat hubungan AS-Saudi ketika Biden mencari cara untuk menurunkan harga bensin AS.

Baru-baru ini pada Rabu (1/6/2022), Gedung Putih mengatakan Biden masih merasa bin Salman adalah "paria" untuk apa yang dikatakan intelijen AS sebagai perannya dalam pembunuhan dan pengoyakan-pengoyakan lawan politik, jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi di Turki pada 2018.

Persediaan tetap ketat. Pada Kamis (2/6/2022), laporan persediaan mingguan AS menunjukkan stok minyak mentah turun lebih dari yang diperkirakan 5,1 juta barel. Persediaan bensin juga turun.

Perusahaan-perusahaan energi AS minggu ini membiarkan rig minyak dan gas alam tidak berubah di 727 rig dalam seminggu hingga 3 Juni, Baker Hughes Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan cermat pada Jumat (3/6/2022).

Permintaan juga meningkat. Pusat keuangan China Shanghai dan ibu kota Beijing, telah melonggarkan pembatasan COVID-19 dan pemerintah China telah berjanji untuk merangsang ekonomi.

Minyak menahan kenaikannya setelah data AS menunjukkan lapangan kerja meningkat lebih dari yang diharapkan pada Mei, tanda-tanda pasar tenaga kerja yang ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper