Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapkan Metaverse Bareng WIRG, NETV Luncurkan OTT Net Verse

Net Visi Media (NETV) memperkenalkan NET Verse melalui acara “Welcome to NET Verse” di media penyiaran NET dan kanal youtube Netmediatama.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  13:06 WIB
Persiapkan Metaverse Bareng WIRG, NETV Luncurkan OTT Net Verse
PT Net Visi Media Tbk. (NETV) melaksanakan seremoni pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (26/1 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten media PT Net Visi Media Tbk (NETV) melalui anak usahanya PT Net Media Digital (NMD) resmi meluncurkan platform over-the top (OTT) NET Verse.

Platform konten kreatif entertainment NET Verse tersebut diperkenalkan melalui acara “Welcome to NET Verse” di media penyiaran NET dan kanal youtube Netmediatama. Menariknya, dalam peluncuran NET Verse tersebut, NETV juga mulai memperkenalkan tampilan konten teknologi platform metaverse-nya yang kini sedang dijajakinya bersama PT WIR Asia Tbk (WIRG).

CEO Net Visi Media Deddy Hariyanto mengungkapkan peluncuran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari upaya NETV dalan melakukan pengembangan usaha perseroan.

"Kami memiliki potensi kuat dalam menghadirkan konten hiburan dan informasi pada segmentasi anak muda dan keluarga Indonesia berjiwa muda melalui media penyiaran maupun platform digital. Besarnya antusiasme penggemar konten kreatif pada media digital membuat kami optimis dapat mengembangkan inovasi digital, melalui penjajakan kolaborasi dan optimalisasi Intellectual Property dari karya konten kreatif kami di masyarakat," katanya dalam keterangan, Selasa (31/5/2022).

Kehadiran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari strategi NETV membidik potensi pertumbuhan pengguna konten kreatifnya, serta inovasi platform digitalnya. Potensi pertumbuhan bisnis platform OTT terbilang cukup besar dimana data Indonesian Digital Report 2021 menunjukkan pengguna internet mencapai 202,6 Juta (73,7% dari jumlah populasi di Indonesia). 

Studi terbaru Future of TV juga mencatat popularitas OTT di Indonesia. Satu dari tiga orang Indonesia menonton konten lewat platform tersebut. 

Sebelumnya, NETV melalui PT Net Media Digital (NMD) melakukan pengembangan konten kreatifnya melalui kanal youtube Net Mediatama dan media sosial lainnya. Dalam platform YouTube-nya NMD tercatat memiliki lebih dari 18 juta unique user dan 280 juta views perbulannya. 

Potensi tersebut dibidik NETV dalam mengembangkan konten kreatif dan inovasi digital terbarunya melalui platform OTT.

Vice President Digital Net Visi Media Olwin Pangaribuan menjelaskan NET Verse merupakan platform OTT yang dengan mudah dapat diunduh secara gratis lewat Google Play atapun App Store, dan dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun berada.

"NET Verse akan menghadirkan konten-konten eksklusifnya yang tidak dapat ditemui pada platform lainnya, mulai dari talkshow, music show, reality show, documentary hingga original series lainnya," katanya.

Melalui platform NET Verse, masyarakat dapat bernostalgia dengan lengkap bersama konten-konten kreatif kekinian khas NET selama ini. Platform OTT ini juga menyiapkan sejumlah konten baru dan eksklusifnya, seperti konten “Match Island” yang mempertemukan 10 pria dan Wanita berpenampilan menarik dapat saling berbagi dan menemukan kecocokannya dalam romantisme keindahan pulau terasing. 

NET Verse juga memiliki konten “Hidden Gems” yang akan membawa pemirsa berwisata kuliner sambil menikmati perjalanan yang kaya perbincangan menarik bersama host-nya, serta sejumlah konten eksklusif lainnya, yang diantaranya menghadirkan kisah dua pasangan rumah tangga unik dalam cerita “Tetangga Masa Gitu The Movie”.

“Intellectual Property konten kekinian khas NET akan terus kami kembangkan agar dapat dinikmati secara eksklusif oleh masyarakat melalui berbagai inovasi platform digital kami. Kata kunci perkembangan  konten kreatif dan inovasi digital adalah New Engagement and New Experience. NETV akan terus melakukan mengembangkan inovasi  digital ke dalam aspek yang lebih luas, termasuk tentunya menjajaki kemungkinan pengembangan konten melalui gaming, digital merchandising, NFT, hingga metaverse”, kata Deddy Hariyanto.

Saat ini NETV sedang mencermati secara lebih mendalam kolaborasi pengembangan konten kreatif kami dengan berbagai teknologi media baru, mulai dari nonfungible token (NFT) hingga teknologi Metaverse, seperti augmented reality (AR). Inovasi tersebut sangat menarik dalam menghadirkan pengalaman baru menikmati konten-konten entertainment yang dikenal dekat dengan masyarakat kekiniaan saat ini.

Penjajakan kolaborasi pengembangan konten kreatif melalui platform metaverse mulai terlihat dalam peluncuran NET Verse beberapa pekan lalu. Dalam peluncurannya tersebut, NMD memperlihatkan bagaimana pengalaman baru dalam menikmati konten kreatif, serta interaksi yang akan dapat dilakukan antara konten kreatif dan penggunanya dalam platform tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Net Visi Media NETV WIR Asia WIRG
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top