Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Distributor Motor Saratoga (MPMX) Bakal Bagikan Dividen Rp800 Miliar

Emiten otomotif grup Saratoga, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) bakal membagikan dividen final sebesar Rp800 miliar atau setara Rp180 per lembar sahamnya, setelah mendapatkan persetujuan dalam RUPST, Rabu (18/5/2022).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  19:35 WIB
Dari kiri : Group COO MPMX - Ivan Hindarko, Senior Manager Marketing MPMX-OtoDeals - Nurfadilah, Product Team MPMX-OtoDeals - Rama Pradipta, dan Automotive Influencer Jujuk Margono dalam peluncuran platform website Otodeals, Rabu (22/9 - 2021).
Dari kiri : Group COO MPMX - Ivan Hindarko, Senior Manager Marketing MPMX-OtoDeals - Nurfadilah, Product Team MPMX-OtoDeals - Rama Pradipta, dan Automotive Influencer Jujuk Margono dalam peluncuran platform website Otodeals, Rabu (22/9 - 2021).

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten otomotif grup Saratoga, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) bakal membagikan dividen final sebesar Rp800 miliar atau setara Rp180 per lembar sahamnya, setelah mendapatkan persetujuan dalam RUPST, Rabu (18/5/2022).

RUPST dan RUPSLB menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain menyetujui Laporan Tahunan Direksi serta pengesahan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021 dan menyetujui membagikan dividen final tunai tahun buku 2021 kepada para Pemegang Saham sebesar Rp180 per saham yang setara dengan dividend yield 14 persen terhadap harga saham Perseroan pada saat penutupan Rabu (18/5/2022).

Perseroan memberikan hasil yang baik dengan Laba Bersih (NPAT) sebesar Rp412 miliar pada tahun 2021 mengalami kenaikan signifikan sebesar 208 persen dibandingkan Rp134 miliar pada tahun 2020.

Sebagai hasilnya neraca keuangan Perseroan menjadi kuat dengan posisi kas yang mencapai Rp1,84 triliun per 31 Desember 2021 yang memungkinkan perseroan untuk mengapresiasi para pemegang saham melalui kombinasi pertumbuhan bisnis yang kuat dan distribusi dividen yang konsisten.

Kemampuan Perseroan untuk membayarkan dividen dapat juga dilihat dari pendapatan dan posisi kas Perseroan hingga akhir kuartal I/2022. Pendapatan bersih Perseroan di Kuartal I/2022 sedikit menurun yaitu sebesar 3 persen menjadi Rp3,1 triliun terutama disebabkan oleh kurangnya pasokan sepeda motor.

Namun, hal ini dikompensasi oleh pertumbuhan pendapatan di segmen bisnis lainnya. Secara keseluruhan, Laba Bersih (NPAT) Perseroan di Kuartal I/2022 tercatat tetap baik didorong oleh peningkatan Laba bersih (NPAT) bisnis inti sebesar 17 persen YoY.

Biaya operasional yang terkendali, dan peningkatan bagian laba Entitas Asosiasi JACCS MPM Finance Indonesia sebesar 8 persen YoY.

Dari sisi posisi keuangan, Perseroan berhasil mempertahankan neraca yang sehat dengan kas dan setara kas yang kuat sebesar Rp 2,19 triliun, meningkat 19 persen dibandingkan dengan posisi akhir per 31 Desember 2021.

Group Chief Executive Officer Mitra Pinasthika Mustika Suwito Mawarwati mengatakan pertumbuhan positif pada2021 didukung oleh kinerja yang baik dari seluruh entitas anak yang seluruh segmen menunjukkan ketahanannya selama masa pandemi dengan kenaikan di level laba bersih.

"Ini juga menunjukkan fokus dan strategi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan tujuan kami dalam menjaga kinerja operasional yang solid. Meskipun, tantangan dari masa pandemi masih terasa hingga kuartal I tahun ini, tetapi kami optimis bahwa Perseroan mampu menjaga fundamental bisnis untuk tetap kokoh dan berhasil mempertahankan laju pertumbuhan dari kuartal sebelumnya," jelasnya dalam keterangan, Rabu (18/5/2022).

Hasil keputusan dalam Rapat hari ini, lanjutnya, merupakan komitmen dalam memberikan nilai bagi para pemegang saham. Posisi keuangan dan kas yang kuat mendukung pemberian dividen ini, dan secara bersamaan tetap menjaga fleksibilitas keuangan dan operasional untuk melanjutkan bisnis.

MPMX perusahaan konsumer otomotif terkemuka di Indonesia, didirikan pada tahun 1987 oleh William Soeryadjaya. MPMX adalah perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan secara mayoritas dimiliki oleh Saratoga Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif dividen saratoga investama sedaya PT.Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top