Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cimory (CMRY) Gelar RUPST Bulan Depan, Mau Bagi Dividen?

RUPST Cimory (CMRY) akan membahas sejumlah mata acara, termasuk penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2021.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  12:57 WIB
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten barang konsumer PT Cisarua Mountain Dairy (CMRY) berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 9 Juni 2022.

RUPST akan dilaksanakan secara luring terbatas di Hotel Grand Hyatt, Jakarta dan membahas sejumlah mata acara, termasuk penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2021.

“Rapat akan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Electronic General Meeting System KSEI yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan dengan pembatasan kehadiran pemegang saham secara fisik,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi, Rabu (18/5/2022).

Pemegang saham yang berhak hadir baik secara fisik, elektronik, atau diwakili yakni yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan per 17 Mei 2022 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Produsen produk olahan susu merek Cimory ini tercatat menorehkan pertumbuhan laba bersih tahun berjalan yang signifikan sepanjang 2021. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih naik 346,44 persen dari Rp177 miliar pada 2020 menjadi Rp790,19 miliar pada 2021.

Kenaikan laba bersih CMRY juga diikuti dengan naiknya penjualan sebesar 120 persen, dari Rp1,86 triliun pada 2020 menjadi Rp4,09 triliun sepanjang 2021.

Melihat kinerja perusahaan yang positif sepanjang 2021, Chief Financial Officer Cimory Bharat Joshi pada awal April 2022 mengatakan perusahaan selalu berkomitmen membayarkan dividen kepada pemegang saham. Perusahaan setidaknya telah menetapkan kebijakan mengalokasikan minimal 30 persen dari pendapatan untuk pembayaran dividen.

“Sebagai perusahaan konsumer kami memperoleh pemasukan setiap tahun. Cash flow ini akan dipakai untuk dividen. Kami di Cimory memiliki kebijakan 30 persen dari earning yang kami peroleh, minimal 30 persen untuk dividen. Dengan pemasukan yang lebih, kami mungkin akan membayar lebih dan ini akan diumumkan saat Juni nanti,” kata Bharat dalam diskusi virtual.

Cimory tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp4,09 triliun pada 2021, naik signifikan dibandingkan dengan 2020 sebesar Rp1,86 triliun. Lonjakan pendapatan Cimory tidak lepas dari naiknya penjualan dari segmen dairy atau produk olahan susu dan consumer foods.

Segmen dairy mencetak kenaikan penjualan sebesar 120 persen dari Rp1,20 triliun pada 2020 menjadi Rp2,65 triliun pada 2021. Sementara itu, segmen makanan konsumsi mencetak pertumbuhan 119 persen dari Rp659,42 miliar menjadi Rp1,44 triliun.

Dengan rasio dividen yang sebesar 30 persen sebagaimana kebijakan perusahaan, maka total dividen yang berpotensi akan dibagikan Cimory akan mencapai Rp1,68 triliun.

Selain membahas pembagian dividen, RUPST Cimory juga akan membahas perubahan susunan anggota direksi, menyusul pengunduran diri Yerki Teguh dari jabatannya sebagai direktur Cimory. CMRY juga akan meminta persetujuan rapat untuk penetapan gaji/honorarium dan tunjangan bagi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan untuk tahun buku 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen rupst Cimory CMRY
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top