Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nilai Investasi Astra (ASII) ke Saham GOTO Rp15,5 Triliun, Tidak Ada Rugi!

Nilai Investasi PT Astra International Tbk. ke saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencapai Rp15,5 triliun sampai dengan Maret 2022.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  11:05 WIB
Menara Astra. - Istimewa
Menara Astra. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai Investasi PT Astra International Tbk. ke saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencapai Rp15,5 triliun sampai dengan Maret 2022.

Perseroan menyatakan tidak mencatatkan kerugian investasi pada saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Dalam laporan keuangan emiten berkode saham ASII itu, disebutkan bahwa perseroan membenamkan modal ke saham GOTO melalui entitas-entitas asuransi grup dan juga secara langsung. Melalui perusahaan asuransi, konglomerasi Astra itu menanamkan modal hingga Rp12 triliun.

Sementara itu, perseroan juga berinvestasi secara langsung dengan nilai mencapai Rp3,5 triliun. Dengan begitu, total nilai investasi perseroan telah tembus Rp15,5 triliun. Sampai dengan Maret 2022, Manajemen ASII berpendapat bahwa tidak terdapat penurunan atas nilai tercatat investasi lain-lain.

Di sisi lain, justru terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan Desember 2021. Pada akhir tahun lalu, nilai investasi perusahaan asuransi Astra sebesar Rp11,4 triliun naik menjadi Rp12 triliun. Sementara itu, perusahaan induk tidak mencatatkan kenaikan nilai.

Di sisi lain, menilik dari hasil prospektus GOTO, ASII masuk ke saham GOTO mulai 2019 dengan membeli saham seri M sebanyak 20.656 lembar. Ketika itu, emiten teknologi tersebut menerbitkan sejumlah 187.173 saham seri M baru yang diserap oleh beberapa perusahaan.

Diantaranya adalah Astra, Google Asia Pacific, Tencent Mobility Limited dan Allianz Strategic Investments. Aksi tersebut membuat modal dasar GOTO meningkat dari semula Rp516,85 miliar menjadi Rp610,43 miliar.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi astra tokopedia Gojek GoTo Gojek Tokopedia
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top