Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemegang Saham TPIA, SCG Chemicals Mau IPO hingga Rp43,33 Triliun

Dengan target IPO hingga US$3 miliar, IPO SCG Chemicals akan menjadi penjualan saham perdana terbesar di Asia Tenggara tahun ini, melampaui IPO Gojek Tokopedia (GOTO).
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 29 April 2022  |  14:52 WIB
Pabrik SCG Chemicals - Istimewa.
Pabrik SCG Chemicals - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Konglomerasi Thailand, Siam Cement Pcl dikabarkan akan membawa salah satu unit usahanya SCG Chemical Pcl melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) hingga US$ 3 miliar atau setara Rp43,33 triliun (asumsi kurs Rp14.444).

Mengutip sumber Bloomberg, Jumat (29/4/2022), IPO SCG Chemical ini akan menjadi IPO terbesar di Thailand. Perusahaan menawarkan sebanyak 3,85 miliar saham baru untuk mengumpulkan dana ekspansi bisnis dan pembayaran utang, menurut dokumen pengajuan ke Bursa Efek Thailand pada Rabu (24/4/2022).

Namun, laporan ke otoritas bursa tersebut tidak memberikan rincian tentang kisaran harga atau ukuran penggalangan dana IPO.

SCG Chemicals menargetkan untuk mengumpulkan minimal US$2 miliar untuk IPO di Bangkok tahun ini, kata sumber Bloomberg yang meminta untuk tidak disebutkan namanya lantaran informasi bersifat rahasia. Pertimbangan sedang berlangsung dan detailnya masih bisa berubah.

Roongrote Rangsiyopash, Chief Executive Officer Siam Cement, menolak mengomentari soal waktu, ukuran dan rincian lain dari IPO SCG Chemicals pada konferensi pers online.

Saham Siam Cement naik sebanyak 3,6 persen di Bangkok pada Jumat, pergerakan intraday terbesar mereka dalam lebih dari dua bulan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Dengan target IPO hingga US$3 miliar, IPO SCG Chemicals dapat melampaui penawaran Central Retail Corp Pcl senilai US$2,3 miliar pada tahun 2020 sebagai rekor terbesar di Thailand, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Ini akan menjadi penjualan saham pertama kali terbesar di Asia Tenggara tahun ini, melampaui penawaran saham perdana GoTo Group yang sebesar US$959 juta.

Siam Cement, di mana Raja Maha Vajiralongkorn adalah pemegang saham terbesar, didirikan pada 1913 oleh monarki untuk mendukung pembangunan ekonomi dan industri negara.

SCG Chemicals berencana untuk menggunakan dana hasil IPO untuk memperkuat kapasitasnya dan memperluas bisnis di Asia Tenggara untuk memanfaatkan pertumbuhan permintaan produk-produknya. Perusahaan ini memiliki kehadiran yang kuat di Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Adapun Bualuang Securities Pcl, Kasikorn Securities Pcl dan SCB Securities Co. sedang mengatur penawaran saham kepada investor Thailand.

Sebagai catatan, SCG Chemicals merupakan salah satu pemegang saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) dengan kepemilikan saham 30,57 persen, atau pemegang saham kedua terbesar setelah PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) per 5 April 2022. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo thailand scg scggroup

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top