Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Cum Dividen Hotel Eastparc (EAST) dan Laboratorium Prodia (PRDA) Hari Ini

Cum dividen PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST) dan laboratorium PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) akan berakhir hari ini.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 18 April 2022  |  07:30 WIB
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Cum dividen PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST) dan laboratorium PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) akan berakhir hari ini.

Cum dividen adalah sebuah tanggal yang menentukan bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari sebuah emiten. Bila pembelian saham setelah melewati jadwal cum dividen investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Jadwal cum date hanya berlangsung selama satu hari jadi pada hari ini investor akan berlomba supaya namanya tercatat sebagai penerima hak dividen. Terdapat kemungkinan pada tanggal cum date harga sebuah saham akan meningkat.

Emiten pengelola hotel PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST) akan membagikan dividen sebesar Rp5,48 miliar atau setara dengan 45,14% dari laba bersih perusahaan selama tahun 2021. Para pemegang saham akan menerima dividen sebesar Rp1,33 per sahamnya.

Adapun pada tahun lalu perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp5,18 miliar. Peningkatan tersebut ikut mengerek laba per saham menjadi Rp2,94.

Kenaikan laba bersih utamanya dikontribusikan oleh pertumbuhan pendapatan. Meskipun masih mengalami pandemic, EAST mampu membukukan pendapatan sebesar Rp51,02 miliar atau naik 37,63 persen yoy.

Segmen kamar menjadi motor utama pemasukan dengan torehan mencapai Rp32,69 miliar. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan 2020 sebesar Rp20,99 miliar.

Selain itu, segmen makan dan minuman juga ikut menyumbang Rp16,76 miliar naik tipis dibandingkan dengan realisasi 2020 Rp14,74 miliar. Terakhir segmen lain-lain berkontribusi sebanyak Rp1,55 miliar.

Kemudian, emiten laboratorium klinis PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) akan memberikan dividen sebanyak 60 persen dari laba bersih 2021 sebesar Rp621,62 miliar. Dengan demikian, jumlah dividen yang akan diberikan adalah senilai Rp372,6 miliar.

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan, Prodia akan memberikan dividen sebanyak 60 persen dari laba bersih 2021 sebesar Rp621,62 miliar.

"Dividen yang diberikan melalui RUPS itu 60 persen dari laba bersih," kata Dewi, Kamis (7/4/2022).

Sebagaimana diketahui, emiten berkode saham PRDA ini pada tahun 2021 mencetak peningkatan pendapatan bersih 41,6 persen menjadi Rp2,65 triliun, dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp1,87 triliun.

Pendapatan dari masing-masing segmen pelanggan juga turut mengalami peningkatan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan Perseroan.

Segmen pelanggan individu dan rujukan dokter menyumbang masing-masing sekitar 33,8 persen dan 31,4 persen kepada pendapatan perseroan. Sedangkan, kontribusi segmen referensi pihak ketiga dan klien korporasi sekitar 21,2 persen dan 13,6 persen terhadap pendapatan perseroan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel dividen prodia laboratorium Eastparc Hotel
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top