Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Archi (ARCI) Dukung Langkah Pemerintah Bebaskan PPN 11 Persen untuk Emas

Manajemen Archi Indonesia (ARCI) menyambut baik atas aturan baru PPN 11 persen tersebut.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 01 April 2022  |  16:05 WIB
Archi (ARCI) Dukung Langkah Pemerintah Bebaskan PPN 11 Persen untuk Emas
Produk emas 24 Karat Lotus Archi, produk PT Archi Indonesia, entitas Grup Rajawali. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengumumkan mulai memberlakukan pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen. Namun, pajak tersebut tidak lagi diterapkan untuk emas batangan dan granula.

Menanggapi hal tersebut, Corsec PT Archi Indonesia Tbk. (ARCI) Harry Margatan mengatakan, aturan baru mengenai PPN 11, perusahaan menyambut baik atas aturan baru tersebut.

“Kita akan mendukung pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan dan juga mendukung percepatan pemulihan perekonomian atas dasar penyesuaian PPN tersebut,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (1/4/2022).

ARCI sendiri mempunyai dua segmen usaha emas yaitu tambang emas dan juga perdagangan dan pemurnian emas. Untuk tambang ARCI memproduksi dalam bentuk emas granula, sedangkan di bisnis perdagangan ada penjualan emas dalam bentuk batangan.

“Tapi pada dasarnya tidak ada pengaruh secara konsolidasi. Di emas batangan bisa ada pengaruhnya tapi tidak material karena paling hanya 1 persen,” ungkapnya.

Harry menambahkan dari sisi permintaan ARCI yakin masyarakat tetap memiliki antusiasmne berinvestasi khususnya untuk emas batangan.

Namun, sayangnya tahun ini ARCI belum bisa memaksimalkan insentif yang ada lantaran adanya kendala produksi di pit TTN yang dilanda banjir dan mengakibatkan rusaknya dinding kerja tambang.

Saat ini, perusahaan sedang dalam proses pemulihan atas pit yang terdampak dari kejadian tersebut dan akan mengoptimalkan kegiatan penambangan untuk 3 (tiga) pit lainnya.

Berdasarkan situasi terkait bencana alam pada awal Januari tahun ini, perseroan memperkirakan produksi emas pada 2022 akan terdampak sekitar 25 persen dibandingkan jumlah produksi pada 2021, dan lebih jauh terhadap kinerja keuangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tarif PPN emas batangan Archi Indonesia ARCI
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top