Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Calon Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK, Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi

Pemilihan calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 untuk kepala eksekutif pasar modal menyisakan Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  13:25 WIB
Dari kiri-kanan: Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam Seremoni Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2021, Senin (4/1 - 2021).
Dari kiri-kanan: Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam Seremoni Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2021, Senin (4/1 - 2021).

Bisnis.com, JAKARTA – Pemilihan calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 untuk kepala eksekutif pasar modal menyisakan Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi.

Nama Inarno Djajadi sudah tidak asing lagi. Pasalnya, hingga saat ini ia menjabat sebagai direktur utama BEI sejak 29 Juni 2018 melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Pria yang memulai karir di bidang pasar modal sejak 31 tahun lalu ini sempat menjabat sebagai Treasury Officer di PT Aspac Uppindo Sekuritas periode 1989-1991.

Selain itu, pria yang sempat mencicipi pengalaman sebagai anggota Dewan Pengawas Profesi Pasar Modal Indonesia ini juga pernah menjabat sebagai komisaris utama di berbagai lembaga keuangan, seperti PT Maybank Kim Eng Securities dan PT CIMB Niaga Securities.

Lulusan sarjana ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 1981 tersebut juga mencatatkan kinerja sangat baik saat memimpin pasar busa, yakni mengukir rekor tertinggi jumlah investor pasar modal pada 31 Agustus 2021 yang mencapai 6,1 juta single investor identification (SID).

Tidak hanya berkarir dan menorehkan performa eminen, Inarno Djajadi juga aktif berbagi ilmu seputar pasar modal dan komunikasi kepemimpinan.

Bersaing dengan Inarno, ada Doddy Zulverdi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara.

Pria kelahiran Bandung 53 tahun lalu itu menyelesaikan pendidikan sarjana di Bidang Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Padjadjaran pada tahun 1991.

Kemudian, ia menempuh pendidikan master di negeri Paman Sam, bidang Economics Policy Management dari Columbia University, Amerika Serikat.

Mengawali karir di Bank Indonesia sejak 1993, Doddy juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2015-2018) dan Kepala Departemen Internasional (2018-2022).

Doddy mendedikasikan waktunya memperdalam berbagai bidang selama karirnya, di antaranya bidang riset ekonomi moneter, perumusan kebijakan ekonomi moneter, dan pelaksanaan moneter di Bank Indonesia.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) tahun 2018, Doddy menyampaikan visi dan misinya untuk mengoptimalkan peran Bank Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, serta menciptakan kesejahteraan ekonomi yang lebih inklusif.

Ia juga mendukung sektor UMKM dapat meningkatkan bisnisnya selama pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan perkembangan digitalisasi produk dan layanan keuangan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia pasar modal Bank Indonesia umkm OJK
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top