Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gojek Tokopedia (GOTO) Catatkan Goodwil Rp93 Triliun, Bisa Kena Pajak?

Calon emiten PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencatatkan peningkatan aset tak berwujud dan goodwill mencapai Rp13,5 triliun dan Rp93,8 triliun hingga Juli 2021.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  08:43 WIB
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3 - 2022).
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3 - 2022).

Bisnis.com, JAKARTA - Calon emiten PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencatatkan peningkatan aset tak berwujud dan goodwill mencapai Rp13,5 triliun dan Rp93,8 triliun hingga Juli 2021.

Berdasarkan prospektusnya, aset tak berwujud perseroan meningkat menjadi Rp13,5 triliun di Juli 2021, dari Rp2,65 triliun di akhir 2020. Begitu pula dengan goodwill perseroan yang meningkat tajam dari Rp726 miliar, menjadi Rp93,8 triliun.

Sebagai informasi, GoTo menjelaskan goodwill merupakan selisih dari jumlah imbalan, yang dialihkan dengan jumlah neto dari aset teridentifikasi, yang diperoleh dan liabilitas yang diambil alih pada tanggal akuisisi.

Peningkatan goodwill dan aset tak berwujud yang signifikan ini menjadi perhatian komisioner Ombudsman RI Alamsyah Saragih.

"Apakah pengadaan aset ini dikenai pajak? Bagaimana menghitungnya? Jika kena pajak, apakah sudah dibayarkan ke negara?" kata Alamsyah dalam akun Twitternya, Senin (29/3/2022).

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, menurut Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh), goodwill dalam prospektus GoTo bukan merupakan objek pajak.

"Diatur pula perusahaan yang akan IPO, merger, atau akuisisi dapat mengajukan permohonan menggunakan nilai buku," ujar Yustinus.

Adapun dalam prospektusnya GoTo menjelaskan kenaikan goodwill yang signifikan disebabkan dari dampak akuisisi Tokopedia pada Mei 2021. Begitu pula aset tak berwujud perseroan yang meningkat sebagai akibat dari dampak akuisisi Tokopedia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak ipo tokopedia Gojek Goto
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top