Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inovasi Bedah Robotik, Bundamedik (BMHS) Berikan Layanan via Asuransi

RSU Bunda Jakarta sebagai bagian dari BMHS telah membuka kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi dan sejenisnya untuk mendukung skema pembiayaan pasien.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Maret 2022  |  23:30 WIB
Perseroan yang bergerak di bidang kesehatan PT Bundamedik Tbk. resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (6/7 - 2021) melalui aksi penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).
Perseroan yang bergerak di bidang kesehatan PT Bundamedik Tbk. resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (6/7 - 2021) melalui aksi penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bundamedik Tbk. (BMHS) menghadirkan inovasi bedah robotik (robotic surgery) yang memberikan manfaat besar untuk pasien, dari mulai prosedur medis yang presisi, cepat hingga proses penyembuhan yang cepat.

Komisaris Utama Bundamedik Ivan Sini menuturkan kemudahan yang ditawarkan teknologi ini pun semakin diperluas aksesnya untuk bisa dinikmati masyarakat Indonesia lewat asuransi.

RSU Bunda Jakarta sebagai bagian dari BMHS telah membuka kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi dan sejenisnya untuk mendukung skema pembiayaan pasien.

Salah satu kerja sama yang dilakukan dengan AdMedika sebagai Third Party Administrator (TPA) dan memberikan berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan.

Lewat kolaborasi ini, kedua perusahaan ingin menyiapkan perbaikan sistem pembiayaan kesehatan di masa mendatang.

Selama ini, kecenderungan masyarakat Indonesia berobat keluar negeri cukup tinggi. Tercatat, 2 juta orang melakukan perjalanan medis ke luar negeri (medical tourism) setiap tahunnya.

"Dengan keberadaan robotic surgery, diharapkan hal ini mampu meningkatkan pengalaman medis yang lebih baik sehingga mereka tidak lagi merasa perlu bepergian ke luar negeri," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (19/3/2022).

Ivan memberikan perbandingan mengenai perbedaan bedah laproskopi dan bedah robotik dalam melakukan tindakan histerektomi atau pembedahan angkat rahim, baik yang jinak hingga kanker.

Perbandingan ini dilakukan untuk melihat aspek keamanan maupun komplikasi yang ditimbulkan dari kedua teknik bedah tersebut.

“Selama ini, keamanan dan kemanjuran bedah robotik (RALH) dibandingkan dengan bedah laparoskopi konvensional (TLH) belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, sebuah studi kohort retrospektif dilakukan pada 39 pasien yang menjalankan teknik RALH dan 41 pasien yang menjalani TLH," tuturnya.

Hasilnya, RALH dinilai lebih aman dan layak untuk pengobatan kanker rahim dengan morbiditas rendah hingga kehilangan darah yang lebih sedikit dibandingkan TLH.

Teknologi robotic surgery memungkinkan tindakan repetitif dalam suatu operasi dapat dilakukan dengan ketepatan yang maksimal, sehingga meminimalisir perdarahan, serta rasa nyeri pasca operasi.

Lewat robotic surgery ini, para ahli bedah dapat menyelesaikan berbagai prosedur rumit yang tampaknya sulit bahkan tidak mungkin dilakukan dengan metode lain.

Sebagai pelopor bedah robotik di Indonesia sejak tahun 2012, robotic surgery dari BMHS hingga kini sudah menangani hampir 600 kasus mulai dari kasus kebidanan dan kandungan hingga kasus urologi untuk operasi pengangkatan prostat robotik.

Layanan robotic surgery sendiri merupakan salah satu Centre of Excellences (CoE) di RSU Bunda Jakarta, dengan 16 dokter spesialis bersertifikasi robotic surgery.

Ketua Konsultan Medis Medical Advisor Board AdMedika Marsis menjelaskan adanya medical tourism di masa depan nantinya akan mengubah paradigma akan sistem asuransi kesehatan.

"Salah satu yang dapat kita jual untuk memajukan medical tourism Indonesia adalah melalui kehadiran robotic surgery yang ada di Rumah Sakit Bunda. Saya berharap agar sistem high technology ini bisa membuka mata kita semua untuk membuat sistem asuransi masa depan yang lebih baik," katanya.

Selama ini, beberapa teknik bedah organ yang sudah dikenal ada antara lain bedah secara terbuka, laparoskopi, hingga robotik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operasi bundamedik
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top