Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Konflik Rusia-Ukraina, Harga Batu Bara Mengamuk

Produsen batu bara metalurgi Rusia, KRU, telah menyatakan force majeure pada kargo ke pelabuhan Rusia Barat sebelum eskalasi krisis Rusia-Ukraina.
Harga batu bara naik tinggi, karena konflik Rusia Ukraina./Bloomberg/Dimas Ardian
Harga batu bara naik tinggi, karena konflik Rusia Ukraina./Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - Krisis Rusia-Ukraina telah mengejutkan pasar batu bara dan energi yang lebih luas, dengan lonjakan harga Newcastle yang diamati dalam beberapa hari terakhir, kata Wood Mackenzie, bisnis Verisk (Nasdaq: VRSK).

Pembeli di pasar termasuk Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan China berebut untuk mengatasi eksposur mereka terhadap pasokan Rusia. Meskipun sanksi yang diumumkan hingga saat ini secara khusus mengecualikan ekspor energi, pembeli batu bara bereaksi terhadap dua bidang utama yang menjadi perhatian.

Salah satunya adalah kinerja – akankah batu bara Rusia benar-benar dikirim? Produsen batubara metalurgi Rusia, KRU, telah menyatakan force majeure pada kargo ke pelabuhan Rusia Barat sebelum eskalasi krisis Rusia-Ukraina karena memburuknya ketersediaan transportasi kereta api.

Beberapa produsen batu bara besar Rusia lainnya juga dikabarkan telah menyatakan force majeure pada pengiriman karena keterlambatan pengiriman kereta api.

Kekhawatiran kedua berkaitan dengan risiko pihak lawan. Pembatasan keuangan pada bank Rusia dan entitas lain dapat mencegah beberapa pembeli (dan bank mereka) berdagang dengan pemasok Rusia.

Selain itu, kekhawatiran bahwa sanksi dapat diperluas di masa depan dan dampaknya terhadap pasar batu bara bukanlah hal yang mengejutkan.

Analis utama Wood Mackenzie, Rory Simington mengatakan, “harga batu bara termal Eropa telah melonjak ke rekor tertinggi dengan harga berjangka di atas US$ 400/t hingga Q4 2022. Beberapa pembeli di Jepang dan Eropa telah mengindikasikan bahwa mereka ingin mengganti pasokan Rusia, dan non-Rusia. batubara termal di Eropa menarik premi yang signifikan atas material Rusia,” katanya pada Sabtu (5/3/2022) dilansir dari mining.com.

“Harga di pasar Asia juga telah merespon dengan harga fisik Newcastle mencapai US$400/t. Batu bara metalurgi, yang digunakan dalam produksi kokas dan disuntikkan ke dalam tanur tinggi, melonjak dengan harga PCI – ekspor utama Rusia – melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mendekati US$ 400/t.”

Namun, kegiatan impor yang relatif normal tetap merupakan hasil yang paling mungkin. Ketergantungan yang besar pada impor batubara Rusia di pasar yang ketat saat ini berarti penghentian yang berkepanjangan akan membawa kerusakan bagi Rusia dan negara-negara pengimpor dan tidak mungkin dalam pandangan Wood Mackenzie.

Batubara Rusia menyumbang sekitar 30 persen impor batu bara metalurgi Eropa dan hampir 70 persen impor batu bara termal Eropa. Pembeli Asia Utara Korea Selatan dan Jepang juga memiliki eksposur yang signifikan terhadap batu bara Rusia dengan batubara termal Rusia mewakili 20 persen dari impor Korea Selatan dan lebih dari 10 persen dari Jepang, sedangkan batubara metalurgi Rusia mewakili lebih dari 15 persen dan 5 persen dari impor pasar Asia Utara.

Bersama-sama, Eropa, Jepang, dan Korea Selatan mengimpor sekitar 90 Mt batu bara termal Rusia dan 25 Mt batubara metalurgi Rusia pada tahun 2021. Batu bara ini sebagian besar merupakan batubara termal energi tinggi dan PCI dan tidak dapat digantikan di pasar pasokan global yang ketat saat ini.

Pembangkit listrik yang saat ini menggunakan jenis batu bara ini dirancang khusus untuk menjalankan batu bara energi tinggi dan tidak dapat beralih jenis batubara. Operator pabrik baja akan ditantang untuk menggantikan PCI Rusia dan memenuhi batubara mengingat kekurangan pasokan global saat ini terutama di luar Australia.

Rusia tidak akan dapat dengan cepat menebus hilangnya permintaan Eropa dengan beralih ke Asia (China) karena terbatasnya kapasitas rel menuju ke timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper