Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bentuk JV, Communication Cable (CCSI) Gelar Kabel Bawah Laut

PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk. (CCSI) membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV), PT Varuna Chaya Sentosa (VCS), bersama PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info).
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 27 Februari 2022  |  12:44 WIB
Presiden Direktur PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk. Peter Djatmiko (keempat kiri) dan direksi perseroan befoto bersama Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna Setya (kelima kiri) setelah resmi mencatatkan saham berkode CCSI di Bursa Efek Indonesia, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Presiden Direktur PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk. Peter Djatmiko (keempat kiri) dan direksi perseroan befoto bersama Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna Setya (kelima kiri) setelah resmi mencatatkan saham berkode CCSI di Bursa Efek Indonesia, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA - PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk. (CCSI) membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV), PT Varuna Chaya Sentosa (VCS), bersama PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info).

Presiden Direktur CCSI dan VCS Peter Djatmiko mengatakan, perusahaan patungan ini dibentuk untuk pembangunan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) berkapasitas tinggi yang dinamakan Varuna Cable System (VCS).

Jaringan SKKL ini akan menghubungkan pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, Bawean, Madura dan kembali ke pulau Jawa dalam satu lingkaran yang tersambung dengan panjang kabel optik secara keseluruhan lebih dari 3.400 km.

Pembangunan jaringan ini ditargetkan dapat selesai dalam kurun waktu 24 bulan, dengan penggelaran jalur kabel yang telah mengikuti alur koridor Nasional sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Alur Pipa dan Kabel Bawah Laut.

Dalam kesempatan terpisah, CCSI dan Matrix NAP Info juga menandatangani Nota Kesepahamadengan Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui). Kesepakatan terkait minat Mitsui untuk turut ambil bagian dalam penyertaan saham di VCS dan pembahasan berkaitan dengan hal ini masih berlangsung.

“Varuna Cable System (VCS) memiliki keunggulan dalam jangkauan melayani daerah-daerah di beberapa kepulauan Indonesia yang sedang berkembang ekonomi digitalnya. Kerjasama dan kolaborasi CCSI–Matrix NAP Info–Mitsui menunjukkan komitmen yang tinggi dalam pelayanan yang diberikan kepada para mitra strategis lintas industri yang akan menggunakan jaringan VCS,” ujar Peter dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (26/2/2022).

Sementara itu, Managing Director Matrix NAP Info Thomas Dragono menuturkan, pihaknya melihat VCS sebagai salah satu kendaraan dalam hal perwujudan literasi digital inklusif yang menekankan pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Sebagai salah satu provider jaringan yang telah hadir di Indonesia selama lebih dari dua dekade ini, kami harapkan kehadiran VCS juga sebagai bentuk kontribusi nyata kami bagi Indonesia sejalan dengan ajakan pemerintah agar seluruh stakeholder ICT dapat berkolaborasi dalam hal transformasi digital tanah air”, ujar dia.

Adapun dalam kerja sama ini, CCSI bertanggung jawab sebagai kontraktor pengadaan dan penggelaran (Engineering Procurement Construction/EPC), dan saat pengoperasian dan pemeliharaan jaringan.

Kabel optik bawah laut yang akan digunakan adalah buatan CCSI dengan spesifikasi teknis 48 fiber cores, dengan tipe kabel Repeaterless System, light-weight (LW), single-armoured (SA) atau double armoured (DA).

Menurut Peter, pemilihan kabel optik CCSI adalah karena telah memiliki beberapa sertifikasi Nasional dan Internasional, yaitu TUV SUD Certification, Sertifikasi Telkom Indonesia, UQJ Consortium Submarine Certification, dan Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri/TKDN.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Aksi Korporasi joint venture Kinerja Emiten
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top