Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mirae Asset Sekuritas Optimistis Musim Dividen 2022 Lebih Cerah

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo menyebutkan menyambut musim pembagian dividen pada awal 2022 cukup cerah.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 01 Februari 2022  |  14:01 WIB
Mirae Asset Sekuritas Optimistis Musim Dividen 2022 Lebih Cerah
Karyawan melintas di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks IDX High Dividend 20 diperkirakan lebih cerah tahun ini dibandingkan dengan pada 2021, melihat sejumlah emiten yang membagikan dividen lebih besar, bahkan di atas ekspektasi analis.

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo menyebutkan menyambut musim pembagian dividen pada awal 2022 cukup cerah. Pertama, dia melihat laba Sembilan bulan 2021 dari beberapa emiten yang mengalami perbaikan.

“Melihat laba dan pendapatan pada tiga kuartal 2021 dari perusahaan kunci di sektor finansial, komoditas, kesehatan, logistik dan industrial menunjukkan bahwa laba mereka secara umum meningkat, yang artinya bisa membagikan dividen lebih besar,” ungkapnya dalam riset, dikutip Selasa (1/2/2022).

Beberapa emiten yang membagikan dividen interim lebih besar, di antaranya PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) yang membagikan dividen sebesar Rp1.218 per saham, jauh lebih tinggi dari 2020 hanya Rp307 per saham.

Kedua, dengan situasi ekonomi yang makin membaik, Mirae Asset yakin akan ada pembagian dividen dengan jumlah yang lebih besar tahun ini, dari perusahaan yang juga rutin membagikan dividen besar tahun lalu.

“Saham emiten finansial kemungkinan akan membayar dividen lebih besar tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Sebagai catatan, tahun lalu ividen setahun penuh sektor bank agak mengecewakan karena pendapatan pada 2020 yang lebih sedikit dari perkirakaan,” jelasnya.

Namun, dia menyebutkan empat emiten bank besar, yakni BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI sudah mencatatkan kenaikan laba sekitar 30-85 persen sepanjang 11 bulan 2021. Mirae memperkirakan hanya Bank Mandiri (BMRI) yang bisa membagikan dividen di atas 4 persen pada tahun ini.

Selanjutnya, anggota baru IDX High Dividend 20, Adira Finance (ADMF) diperkirakan bisa memberikan yield 6,5 persen dari pendapatannya yang stabil. Sementara, bagi yang mencari yield lebih tinggi, dapat bertaruh pada saham berkapitalisasi kecil seperti LPGI dan PANS yang menunjukkan pembayaran dividen yang konsisten tinggi dalam 10 tahun terakhir.

Selanjutnya, saham-saham terkait komoditas juga diperkirakan akan memberikan dividen yang lebih tinggi dibandingkan dengan pada tahun lalu, seperti ITMG dan ADRO.

"Kendati demikian, dividen PTBA masih mengecewakan karena tingginya capex yang dibutuhkan," ucapnya. 

Senada, emiten yang juga baru masuk jajaran indeks, Hexindo Adiperkasa (HEXA) juga diperkirakan akan menghasilkan yield dua digit dan bisa bertahan tahun ini melihat pendapatannya yang tumbuh cukup kuat.

Adapun, saham yang direkomendasikan Mirae Asset untuk membagikan dividen sepanjang 2021 dari jajaran IDX High Dividend 20 ada ADMF, ADRO, BMRI, BSSR, HEXA, HMSP, INDF, ITMG, MPMX, PTBA, TLKM, dan UNTR.

“Saham-saham ini dipilih dari sisi konsistensi mereka membayarkan dividend an potensi yield mereka setidaknya mencapai 4 persen,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen mirae IDX High Dividend 20
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top