Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelita Samudera Shipping (PSSI) Jual Kapal Tua Rp165,88 Miliar

PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI) berhasil melakukan divestasi aset berupa 1 unit kapal melalui anak usaha PT Pelita Global Logistik.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  20:01 WIB
Aktivitas Karyawan Pelita Samudera Shipping - PSSI.
Aktivitas Karyawan Pelita Samudera Shipping - PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelayaran, PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI) menjual kapal tuanya senilai US$11,6 juta atau setara Rp165,88 miliar (kurs Rp14.300).

Direktur Utama Pelita Samudera Shipping Iriawan Ibarat mengungkapkan perseroan berhasil melakukan divestasi aset berupa 1 unit kapal melalui anak usaha PT Pelita Global Logistik.

"Pembeli yaitu Hui Shun Maritime Limited, Hongkong, yang tidak memiliki hubungan afiliasi dengan perseroan, dan nilai transaksi mencapai US$11,6 juta," urainya, Rabu (26/1/2022).

Lebih lanjut, dampak dari fakta material tersebut yakni perseroan melakukan peremahaan kapal karena umur kapal sudah mencapai 14 tahun.

Emiten bersandi PSSI ini berhasil memanfaatkan kondisi pasar kapal yang baik serta mendapatkan keuntungan dari penjualan kapal tersebut. Dana hasil penjualan pun menambah arus kas perusahaan.

Sebelumnya, PSSI ini telah menyelesaikan pembelian Floating Crane (FC) dari PT Jembayan Muarabara. Pembelian ini didanai dari kas internal dan merupakan bagian dari strategi ekspansi armada PSSI.

FC adalah fasilitas pemuatan apung terintegrasi yang didesain untuk memuat batu bara dari tongkang ke kapal kargo ketika tidak ada dermaga, atau dalam situasi ketika pelabuhan tidak memungkinkan untuk memuat.

Iriawan mengestimasi kontribusi volume dari FC ini sebesar 3 juta metrik ton dengan nilai pendapatan kotor sekitar US$4 juta per tahun.

"Selanjutnya, FC tersebut akan langsung dimanfaatkan untuk kontrak jangka panjang atau Contract of Affreightment dengan salah satu pelanggan utama perseroan, PT Indexim Coalindo, untuk pengangkutan batubara selama dua tahun,” katanya.

Sementara itu, PSSI melalui anak perusahaannya PT Pelita Global Logistik telah menyepakati perjanjian jual beli bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement/CSPA) untuk salah satu asetnya yakni 1 unit kapal kargo curah kategori Handysize dengan nama Dewi Gandawati pada Desember 2021.

Aksi korporasi tersebut merupakan perjanjian divestasi kapal kargo curah Perseroan buatan tahun 2008 (bulk carrier) dengan GRT/DWT 17,025 / 28,282 milik PGL sebesar US$11 juta. PSS memproyeksikan keuntungan dari transaksi ini sebesar US$2 juta.

PSSI juga telah mendapatkan fasilitas kredit senilai Rp200 miliar dari Bank Permata. Fasilitas kredit ini akan dimanfaatkan untuk pembiayaan peremajaan armada dan ekspansi bisnis Perseroan guna mendukung strategi pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten emiten pelayaran Pelita Samudera Shipping
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top