Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ORI021 Akan Terbit Januari 2022, Cocok Buat Investor Pemula

Obligasi ritel (ORI) seri ORI021 akan mulai ditawarkan pada 24 Januari - 17 Februari 2022.
Obligasi Ritel Indonesia/Istimewa
Obligasi Ritel Indonesia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana untuk mulai menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel pertama di tahun 2022 pada akhir bulan ini.

Direktur SUN DJPPR Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengatakan rencananya obligasi ritel (ORI) seri ORI021 akan mulai ditawarkan pada 24 Januari - 17 Februari 2022. Struktur ORI021 akan sama dengan seri ORI sebelumnya dengan kupon tetap (fixed rate), dapat diperdagangkan (tradeable), dan tenor 3 tahun.

“Namun, jadwal tersebut ini masih tentatif dan dimungkinkan untuk berubah,” katanya saat dihubungi pada Senin (10/1/2022)

Instrumen ORI021 akan menjadi SBN ritel pertama yang ditawarkan pada tahun 2022. Sebelumnya, pemerintah berencana untuk menawarkan 6 SBN ritel sepanjang tahun 2022 dengan target penjualan Rp100 triliun.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, jenis instrumen SBN ritel yang akan diterbitkan masih sama dengan 2021. Instrumen-instrumen tersebut terdiri dari Surat Utang Negara (SUN) dengan jenis ORI yang dapat diperdagangkan (tradeable) dan Savings Bond Ritel (SBR) yang tidak dapat diperdagangkan (non tradeable)

Sementara, untuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel, pemerintah akan menerbitkan Sukuk ritel yang tradable, sukuk tabungan yang bersifat non-tradable serta Sukuk Wakaf-Linked.

Secara rinci, pada tahun 2022 pemerintah akan menerbitkan 6 SBN ritel dengan jenis ORI sebanyak 2 kali, Sukuk Ritel (SR) 2 kali, Savings Bond Ritel (SBR), dan juga Sukuk Tabungan (ST) seri ST009. Selain itu, 1 Sukuk Wakaf Ritel (SWR) juga akan diterbitkan pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper