Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Caplok ConocoPhillips Medco (MEDC) Gelontorkan US$1,35 Miliar, Intip Sumber Dananya

Medco akan mengakuisisi keseluruhan saham yang diterbitkan oleh ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL).
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 25 Desember 2021  |  14:38 WIB
Penampakan proyek pengembangan Lapangan gas Buntal/5 oleh Medco E&P Natuna Ltd. Istimewa / Dok. SKK Migas
Penampakan proyek pengembangan Lapangan gas Buntal/5 oleh Medco E&P Natuna Ltd. Istimewa / Dok. SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten migas milik konglomerat Arifin Panigoro PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) bakal menggelontorkan dana jumbo untuk mengakuisisi ConocoPhillips.

Mengutip siaran pers PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), MEDC akan mengakuisisi keseluruhan saham yang diterbitkan oleh ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL), yang saat ini dimiliki oleh anak usaha ConocoPhillips yang bernama Phillips International Investment Inc.

Proses tersebut diharapkan selesai pada bulan Maret 2022 dengan nilai akuisisi diperkirakan sekitar US$1,35 miliar.

“Akuisisi ini didanai sekitar 63 persen melalui utang dan 37 persen ekuitas dalam bentuk kas internal dan rights issue,” tulis manajemen, dikutip Sabtu (25/12/2021).

Dari akuisisi tersebut, Pefindo meningkatkan peringkat MEDC menjadi “positif” dari sebelumnya “stabil” karena dinilai akan menghasilkan posisi bisnis yang lebih kuat karena asetnya sudah beroperasi dan menghasilkan ebitda yang kuat.

“Aksi strategis ini akan meningkatkan profil keuangan MEDC yang direfleksikan oleh proyeksi rasio debt/EBITDA sekitar 3,2 kali di 2022-2024 dan proyeksi debt coverage sebesar 16 persen dalam periode yang sama, dibandingkan angka historis di atas 4 kali dan di bawah 10 persen,” tulis Pefindo.

Pefindo membuat proyeksi tersebut berdasarkan asumsi pertumbuhan dobel-digit pada pendapatan setelah akuisisi, level utang yang moderat, dan ekspektasi harga minyak dunia tetap berada diatas US$55 per barel dalam jangka pendek.

Di saat yang sama, Pefindo juga menegaskan peringkat MEDC, Oblligasi Berkelanjutan IV Tahun 2021-2022, Obligasi Berkelanjutan III Tahun 2018-2019, dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2016-2017 di idA+.

Akuisisi pada ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) dari Phillips International Investment Inc. dilakukan pada Rabu (8/12/2021). Phillips International Investment Inc. sendiri merupakan anak perusahaan dari Conoco Phillips (COP).

CIHL memegang 100 persen saham di ConocoPhillips (Grissik) Ltd. (CPGL) dan 35 persen saham di Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia). CPGL merupakan Operator dari Corridor PSC dengan kepemilikan 54 persen working interest.

Melalui Transasia, Medco Energi memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra Tengah, Batam, dan Singapura.

Setelah transaksi, performa pedoman MedcoEnergi 2022 untuk segmen minyak dan gas adalah produksi 155 mboepd, belanja modal US$275 juta, dan biaya kas per unit di bawah US$10/boe. Adapun, transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal I/2022.

Sebelumnya, manajemen Medco Energi menyebutkan transaksi ini melanjutkan rekam jejak perseroan dalam memberikan nilai tambah melalui akuisisi dan sesuai dengan strategi perubahan iklim. Akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi MedcoEnergi di Asia Tenggara dan akan menghasilkan sinergi yang kuat dengan wilayah kerja di Sumatra.

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi, mengatakan akuisisi Corridor sesuai dengan strategi perseroan yakni memiliki dan mengembangkan aset berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif.

"Untuk seluruh operasi, kami berkomitmen untuk tetap menjaga standar keselamatan kerja yang tinggi, pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial," katanya.

Hilmi menambahkan akuisisi ini akan memperkuat posisi Medco Energi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan memperkuat komitmen perseroan dalam pembangunan nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco conocophillips medco energi internasional
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top