Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kakek Nenek Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Mochtar Riady Punya Rp26,5 Triliun

Mochtar Riady, Lim Hariyanto Wijaya Sarno, dan Kartini Muljadi adalah tokoh pengusaha berusia hampir 100 tahun yang masuk ke daftar orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  14:21 WIB
Kakek Nenek Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Mochtar Riady Punya Rp26,5 Triliun
Pendiri Grup Lippo Mochtar Riady memberikan penjelasan di sela-sela peresmian Gedung Mochtar Riady FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Dari ke-50 nama tersebut ada yang hampir berumur 100 tahun.

Pendiri Grup Lippo, Mochtar Riady yang memiliki kekayaan hingga US$1,85 miliar kini telah menyentuh umur 92 tahun. Sebagaiman diketahui, Lippo memiliki lini bisnis yang terdiversifikasi.

Mulai dari properti, teknologi sampai dengan perbankan. Selain dikenal sebagai pengusaha, beliau rupanya juga pernah ikut dalam perang kemerdekaan. Setelahnya, dia merintis karir mulai dari toko kecil hingga menjadi banker.

Selain Mochtar Riady, ada pula Lim Hariyanto Wijaya Sarno. Pria dengan kekayaan US$1 miliar itu kini telah berusia 93 tahun. Adapun bisnis utama Keluarga Harita berasal dari sektor komoditas.

Diantaranya adalah kelapa sawit dan pertambangan nikel dan bauksit. Beberapa perusahaan terbuka miliknya adalah Bumitama Agri dan Cita Mineral Investindo. Keluarga Harita juga melebarkan sayap ke bisnis broker bernama Harita Kencana Sekuritas.

Terakhir adalah Kartini Muljadi yang kini berusia 91 tahun. Kartini merupakan pemilik dari Tempo Group yang bergerak di bidang obat-obatan medis serta konsumer. Salah satu portofolio utamanya adalah Tempo Scan Pacific.

Dari bisnis tersebut, dia mengantongi kekayaan hingga US$695 juta. Sebagai informasi, Kartini mengawali karir sebagai pengacara hokum. Dia bahkan mendirikan firma sendiri yaitu Kartini Muljadi & Rekan.

Sementara itu, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di Indonesia dalam daftar Forbes Indonesia’s 50 Richest.

Berdasarkan keterangan dari Forbes Asia pada Rabu (15/12/2020), kakak-beradik pemilik grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) tersebut mengumpulkan total kekayaan sebesar US$42,6 miliar, atau bertambah US$3,8 miliar dibandingkan catatan tahun lalu.

"Kenaikan tersebut disebabkan oleh kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) seiring dengan masuknya investor ke saham-saham perbankan," demikian kutipan laporan Forbes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mochtar riady grup lippo tempo scan pacific orang terkaya forbes harita group
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top