Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Astra Otoparts (AUTO) Kecipratan Untung dari Wajib Uji Emisi Pemprov DKI

Kewajiban uji emisi kendaraan roda empat berusia di atas 3 tahun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut meningkatkan aktivitas di bengkel kelolaan AUTO.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 08 November 2021  |  12:16 WIB
Astra Otoparts (AUTO) Kecipratan Untung dari Wajib Uji Emisi Pemprov DKI
Direktur PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) Aurelius Kartika Hadi Tan (dari kiri) berbincang dengan Presiden Direktur Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Wakil Presiden Komisaris Johannes Loman dan Direktur Wanny Wijaya, sesuai RUPST, di Jakarta, Kamis (11/4/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten suku cadang grup Astra, PT Astra Otoparts Tbk. siap memaksimalkan momentum pemulihan ekonomi dengan mengejar target pada kuartal IV/2021 untuk meningkatkan pendapatan. Salah satunya, melalui kewajiban uji emisi bagi kendaraan roda empat dari Pemprov DKI Jakarta.

Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim mengungkapkan seluruh indikator menunjukkan tren yang positif baik dari roda dua maupun roda empat.

"Kuartal IV/2021 semua menunjukkan tren positif, roda dua sangat positif, roda empat juga sangat positif, PPnBM masih ada insentifnya. Kuartal IV/2021 kami akan berusaha genjot semaksimal mungkin tahun ini, tren asar cenderung euforia, apa yang dialami di retail kami menunjukkan tren positif," urainya dalam paparan publik, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, fase euforia penurunan kasus Covid-19 membuat banyak orang ingin melakukan perjalanan dan membuat perekonomian meningkat dan turut berimbas kepada lini bisnis AUTO.

Dia juga bercerita mengenai kebijakan kewajiban uji emisi kendaraan roda empat berusia di atas 3 tahun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut meningkatkan aktivitas di bengkel kelolaan perseroan. 

Emiten berkode AUTO ini memiliki tiga bengkel roda empat dengan nama Astra Otoservice yang dibuka sejak 11 November 2020. Bengkel perawatan kendaraan roda empat ini dibuka di tiga lokasi yakni di Kelapa Gading, Serpong, dan Harapan Mulia, Bekasi.

"Kalau di area Kelapa Gading, di Otoservice sangat besar, kegiatan uji emisi juga, ini jadi katalis positif bagi kami, keharusan kendaraan di atas 3 tahun diterapkan oleh pemerintah daerah," jelasnya.

Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya menuturkan hingga September 2021 membukukan pendapatan sebesar Rp11,04 triliun dengan laba bersih mencapai Rp466 miliar. Performa tersebut didukung kenaikan terutama di sektor manufaktur dan perdagangan.

"Insentif pemerintah Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) dibayar pemerintah untuk mobil dengan kapasitas 1.500 CC dilanjutkan hingga Desember, kami harapkan penjualan akan tetap naik," paparnya.

Menurutnya, mengacu pada asumsi asosiasi produsen kendaraan roda dua dan roda empat cukup optimistis penjualan akan terus meningkat. Namun, peningkatan tersebut belum dapat kembali seperti saat sebelum pandemi pada 2019.

"Performa bisa lebih baik, positif diharapkan untuk pendapatan dan laba bersih juga, tetapi belum sampai angka 2019," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra otoparts Kinerja Emiten Uji Emisi
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top