Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Token Shiba Inu, Saingan Dogecoin

Shiba Inu merupakan token kripto ERC-20 berbasis Ethereum.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  20:20 WIB
Mengenal Token Shiba Inu, Saingan Dogecoin
Ilustrasi koin Shiba Inu. - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mata uang kripto Shiba Inu kian naik daun setelah bos Tesla Inc. Elon Musk mencuit sembari mengunggah foto anak anjingnya bernama Floki Frunkpuppy. 

Berdasarkan data Coingecko, token berkode SHIB ini mencapai level tertinggi pada Minggu (24/10/2021) di level US$0,00004432. Sementara pada Senin (25/10/2021), menempati urutan 11 dengan kapitalisasi pasarnya mencapai US$19,02 miliar. 

Sementara, data CoinMarketCap pada pukul 19:10 WIB kapitalisasi pasar token meme ini mencapai US$15,24 miliar dan menempati posisi ke 13 di bawah Uniswap (UNI).

Lalu, apa itu token Shiba Inu?

Shiba Inu diciptakan pada Agustus 2020 oleh seseorang anonim dengan nama samaran Ryoshi. Shiba inu merupakan token ERC-20 berbasis Ethereum. 

SHIB memiliki kemiripan dengan Dogecoin yang juga memiliki logo anjing shiba inu. Aset kripto Doge awalnya juga dibuat sebagai lelucon pada 2013 dengan meme Shiba Inu.

Namun, token yang memiliki penggemar bernama Shib Army ini mampu melampaui Dogecoin sehingga membuat SHIB mendapat julukan “Dogecoin Killer”

Dalam laman resminya, Ryoshi memberikan separuh dari 1 kuadriliun token Shiba Inu ke salah satu pendiri Ethereum Vitalik Buterin dan 50 persen lainnya ia kunci di Uniswap.

Vitalik Buterin telah mendonasikan 40 persen dari token SHIB atau setara  50,7 triliun SHIB untuk penanganan Covid-19 di India melalui India Covid-Crypto Relief Fund pada Mei 2021. 

Selain itu, Shiba Inu juga memiliki decentralized exchange yang disebut ShibaSwap dan dua token lainnya yaitu BONE dan LEASH. 

Pada dasarnya, ShibaSwap merupakan decentralized exchange sejenis platform perdagangan peer-to-peer yang memungkinkan pengguna memperdagangan SHIB dan cryptocurrency lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin cryptocurrency Shiba Inu
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top