Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rukun Raharja (RAJA) Catat Pertumbuhan Margin Laba hingga 94 Persen

RAJA masih mampu mencatatkan kinerja yang baik kendati masih diadang pandemi Covid-19.
Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk Djauhar Maulidi (tengah) berbincang dengan Direktur Fahrizi  (kiri), dan Direktur M Oka Lesmana Firdauzi, di sela-sela paparan kinerja perseroan, di Jakarta, Rabu (5/12/2018)./JIBI-Endang Muchtar
Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk Djauhar Maulidi (tengah) berbincang dengan Direktur Fahrizi (kiri), dan Direktur M Oka Lesmana Firdauzi, di sela-sela paparan kinerja perseroan, di Jakarta, Rabu (5/12/2018)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan migas PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang positif sepanjang semester I/2021. Namun, masih lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan Rukun Raharja Oka Lesmana menyampaikan bahwa perseroan mampu mencatatkan kinerja yang baik kendati masih diadang pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan keuangan yang berakhir 30 Juni 2021, perseroan berhasil meraih pendapatan senilai US$50,15 juta. Angka ini lebih rendah 5 persen dari pendapatan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya mencapai US$53,01 juta.

Kemudian, perusahaan juga berhasil meraih laba kotor US$7,8 juta. Meski tumbuh positif, dibandingkan dengan tahun lalu lebih rendah 7 persen yang mencapai US$8,4 juta.

Sementara itu, laba bersihnya tercatat naik dari US$394.000 pada paruh pertama 2020 menjadi US$764.000 pada paruh pertama tahun ini.

“Dengan demikian, marjin laba kotor dan marjin laba bersih tahun berjalan masing-masing berada di level 16 persen dan 2 persen terhadap pendapatan,” jelas Oka pada paparan publik, Jumat (10/9/2021).

Untuk marjin laba bersih, perseroan mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 94 persen. Di mana Perseroan mencatat marjin laba bersih sebesar 1 persen pada semester I/2020 dan kemudian naik ke 2 persen pada paruh pertama 2021.

Selain itu, terjadi kenaikan yang cukup signifikan terkait total aset dan total kewajiban perseroan pada 2021, yang didorong oleh pinjaman baru perseroan sebesar US$108 juta dari Bank Mandiri yang digunakan RAJA untuk menjalankan beberapa proyek strategis sepanjang 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper