Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Sektor Teknologi Melemah, Ini Saran untuk Investor!

Saham teknologi yang menjadi pemenang di sektornya mungkin masih akan terus bertumbuh dan naik harganya. Namun, ada beberapa saham yang kalah dari persaingan di pasar dan akan dihindari oleh investor sehingga harganya akan merosot. 
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  06:01 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengalami lonjakan kinerja pada semester I/2021, indeks sektor teknologi yang kini terdiri dari 26 emiten tersebut mengalami pelemahan kinerja selama dua pekan berturut-turut. 

Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal Universitas Indonesia Budi Frensidy pun menilai bahwa sebagian harga emiten sektor teknologi sudah kemahalan sehingga dia mengingatkan investor untuk berhati-hati. 

Budi mengatakan bahwa saham teknologi yang menjadi pemenang di sektornya mungkin masih akan terus bertumbuh dan naik harganya. 

Namun ungkapnya ada beberapa saham yang kalah dari persaingan di pasar dan akan dihindari oleh investor sehingga harganya akan merosot. 

“Ingat, dalam dunia teknologi sering berlaku adagium, “The Winner Takes All”,” ungkap Budi kepada Bisnis, dikutip Minggu (22/8/2021). 

Berdasarkan data mingguan edisi 16 Agustus hingga 20 Agustus 2021 Bursa Efek Indonesia (BEI), mayoritas indeks sektoral yaitu 9 dari 11 ditutup berada di zona merah. Diantara 11 indeks tersebut, indeks sektor teknologi (IDXTECHNO) mengalami pelemahan terdalam yaitu 11,49 persen. 

Pelemahan ini juga terjadi pada minggu sebelumnya dengan indeks sektor teknologi yang memimpin pelemahan indeks sektoral. Pada edisi 9 Agustus hingga 13 Agustus 2021, berdasarkan data BEI, indeks sektor teknologi terpantau melemah sebanyak 7,45 persen. 

Indeks sektor teknologi pada perdagangan Jumat (20/8/2021), tercatat ditutup pada posisi 9.785,58 dengan menguat tipis 0,43 persen. Sepanjang tahun berjalan, indeks sektor teknologi ini tercatat telah mengalami penguatan signifikan yaitu 782,39 persen. 

Indeks sektoral yang baru diluncurkan pada 25 Januari lalu tersebut, mencatatkan kinerja terbaik pada indeks sektor teknologi. Berdasarkan laporan kuartal II/2021 BEI, indeks sektor teknologi telah mengalami kenaikan 1103,93 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Pada akhir Juni 2021, IDXTECHNO ditutup di level 10.703,24 dan berada dalam rentang 2.961,08-10.864,19 pada kuartal II/2021. Pelemahan terendah dalam sepekan indeks sektor teknologi pada kuartal tersebut terjadi pada minggu terakhir April 2021 yang turun sebanyak 2,64 persen. 

Di antara 26 emiten indeks sektor teknologi, berikut beberapa saham yang terpantau mengalami peningkatan harga saham dalam sepekan, satu bulan, ataupun selama tahun berjalan: EMTK, DMMX, DIVA, MCAS, NFCX, TFAS.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG INDEKS SEKTORAL
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top