Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia (SMGR) dan Taiheiyo Cement Resmi Bangun Aliansi

Kemitraan antara Semen Indonesia dengan TCC dilakukan dengan masuknya perusahaan semen asal Jepang itu sebagai pemegang saham di anak usaha SMGR yaitu PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.(SMCB).
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kata sambutan saat peresmian kerja sama strategis Semen Indonesia Group dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC) pada Rabu (4/8/2021)/Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kata sambutan saat peresmian kerja sama strategis Semen Indonesia Group dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC) pada Rabu (4/8/2021)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten semen PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR) atau SIG resmi menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan asal Jepang yaitu Taiheiyo Cement Corporation (TCC).

Hendi Prio Santoso, Direktur Utama Semen Indonesia Group, mengatakan langkah strategis ini merupakan bagian untuk mewujudkan visi perseroan sebagai penyedia solusi bahan bangunan terbesar di kawasan regional. 

“Kami telah melakukan kajian dan evaluasi untuk memastikan bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat strategis bagi kedua belah pihak. Bagi kami, langkah ini akan semakin memperkuat posisi SIG sebagai perusahaan terbesar dalam penyediaan kebutuhan bahan bangunan di level regional,” kata Hendi dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Adapun, kemitraan antara emiten dengan kode saham SMGR ini dengan TCC juga merupakan lanjutan dari program transformasi Semen Indonesia Group sebagai BUMN untuk menjadi perusahaan berstandar global. 

Hendi menyebut kerjasama ini akan meningkatkan nilai dan kapabilitas perusahaan dalam menghadapi persaingan industri semen di dunia.

Menteri BUMN Erick Thohir pun mengapresiasi kerja keras SMGR yang mampu merealisasikan transformasi menjadi BUMN kelas dunia melalui kemitraan strategis, inovasi produk, model bisnis serta pelayanan sebagai nilai tambah dan daya saing di masa depan.

“Meskipun tantangan semakin besar khususnya di masa pandemi covid-19, SIG telah membuktikan bahwa hal tersebut bukan menjadi halangan untuk mencapai proses bisnis yang lebih efisien,” ujar Erick.

Adapun, kemitraan antara Semen Indonesia dengan TCC dilakukan dengan masuknya perusahaan semen asal Jepang itu sebagai pemegang saham di anak usaha Semen Indonesia yaitu PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SMCB).

Investasi dari TCC dilakukan dengan mengakuisisi 15,04 persen kepemilikan saham SMCB senilai US$220 juta atau setara dengan Rp3,1 triliun.

Kerjasama antara SMGR dan TCC ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman tertanggal 21 April 2020 antara Semen Indonesia dan Solusi Bangun Indonesia dengan TCC. MoU tersebut menjadi bagian dari kewajiban refloat saham SMCB setelah dilakukan Mandatory Tender Offer (MTO) pada 2019. 

PT Semen Indonesia Industri bangunan (SIIB) yang merupakan induk usaha dari SMCB mengalihkan 1.356.399.291 saham baru yang diterbitkan oleh SBI kepada pihak TCC. 

Penerbitan saham baru itu sendiri telah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Jumat (25/6/2021), melalui skema Penawaran Umum Terbatas II (PUT) melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper