Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Terkoreksi, Kurs Jisdor Ikut Melemah ke Rp14.493

Kurs Jisdor melemah 7 poin atau 0,05 persen dari posisi Selasa (13/7/2021) Rp14.486 per dolar AS.
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Kurs rupiah terpantau melemah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pada hari ini, Rabu (14/7/2021). 

Data yang diterbitkan Bank Indonesia hari ini menempatkan kurs referensi Jisdor di level Rp14.493 per dolar AS, melemah 7 poin atau 0,05 persen dari posisi Selasa (13/7/2021) Rp14.486 per dolar AS.

Selain itu, berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup terapresiasi 0,11 persen atau 16,5 poin menjadi Rp14.480 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS terpantau turun 0,05 persen ke level 92,7070 pada pukul 15.09 WIB. 

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan rupiah pada hari ini merupakan bagian dari respon negatif terhadap rilis penambahan kasus Covid-19 harian yang meningkat dari hari ke hari. 

“Indonesia memang belum bisa lepas dari tahap kritis akibat ledakan kasus Covid-19 yang telah terjadi beruntun dalam 3 pekan terakhir. Tercatat pada hari Selasa (13/7), kasus baru positif Covid-19 terus meroket dan menciptakan rekor baru,” tulis Ibrahim dalam rilis, Rabu (14/7/2021). 

Ibrahim mengungkapkan terus melesatnya kasus Covid-19 ini menyebabkan pemerintah akan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat hingga enam pekan. 

Dia melanjutkan jika menengok negara tetangga yaitu Malaysia yang jumlah penduduknya relatif lebih sedikit dibandingkan Indonesia sudah melakukan lockdown selama 2 bulan akibat penyebaran pandemi Covid-19 varian baru.

Dia pun memperkirakan Indonesia bisa saja melakukan PPKM Mikro Darurat selama minimal 3 bulan dari Juli-September 2021. Ini pun, menurutnya harus meminta bantuan dari luar negeri karena pasokan vaksin yang kurang di Tanah Air. 

Hal tersebut jelasnya tentu dapat memicu sentimen negatif bagi pasar keuangan dalam negeri karena dengan kasus Covid-19 yang berlarut-larut dan pergerakan masyarakat yang direm dengan PPKM Mikro Darurat yang mengakibatkan stagnasi konsumsi masyarakat. 

Apalagi ungkapnya dari segi investasi membuat ekonomi mati suri yang mengakibatkan roda perekonomian berpotensi macet dan berakibat pada adanya potensi tergerusnya pertumbuhan ekonomi. 

Selain itu dari luar negeri, indeks harga konsumen inti (CPI) AS naik lebih tinggi dari perkiraan 0,9 persen bulan ke bulan di bulan Juni, dengan harga konsumen naik paling tinggi dalam 13 tahun. 

Selanjutnya terkait Covid-19 beberapa negara memperketat tindakan pembatasan karena kasus yang melibatkan varian Delta virus meningkat, diantaranya Australia dan Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper