Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Jadi CEO Vale Indonesia (INCO), Ini Sosok Febriany Eddy

Posisi Febriany Eddy di perusahaan tambang multi nasional tersebut merupakan pencapaian langka sebab peran perempuan untuk level itu masih sangat terbatas.
Paulus Tandi Bone
Paulus Tandi Bone - Bisnis.com 29 April 2021  |  13:40 WIB
Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk. Febriany Eddy (tengah) bersama karyawan Vale Indonesia di lokasi tambang perseroan Blok Sorowako, Sulawesi Selatan - Dok./Vale Indonesia
Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk. Febriany Eddy (tengah) bersama karyawan Vale Indonesia di lokasi tambang perseroan Blok Sorowako, Sulawesi Selatan - Dok./Vale Indonesia

Bisnis.com, MAKASSAR - Febriany Eddy, akhirnya resmi menjadi CEO & Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) melalui e-RUPS, Kamis (29/4/2021).

Posisi Febriany Eddy di perusahaan tambang multi nasional tersebut merupakan pencapaian langka. Pasalnya, Di Indonesia sendiri, peran perempuan untuk level manajamen senior atau C-Suite pada industri pertambangan masih sangat terbatas, bahkan terhitung jari.

Bahkan secara global, peran perempuan dalam mengisi posisi strategis pada perusahaan tambang untuk jenjang C-Suite hanya 13,2 persen. Ini merujuk pada laporan S&P Global Ratings yang dirilis pada 2020 lalu.

Lalu, siapa dan bagaimana sosok Febriany Eddy menapak jalannya menjadi perempuan pertama di Tanah Air sebagai CEO pada sebuah perusahaan di industri pertambangan mineral?

Perempuan yang karib disapa Febri ini, telah berkarir di Vale selama hampir 14 tahun, di mana 11 tahun di antaranya adalah di Vale Indonesia sebelum resmi menjadi CEO & Presiden Direktur di perusahaan tambang multi nasional tersebut melalui e-RUPS, Kamis (29/4/2021).

Dia juga memiliki rekam pengalaman kerja internasional selama hampir 22 tahun di industri finansial maupun pertambangan. Pernah bekerja untuk Pricewaterhouse Coopers di Jakarta berdurasi 5,5 tahun dan 1,5 tahun di Amsterdam, Belanda.

Perempuan kelahiran Palembang, 44 tahun silam ini juga banyak terlibat dalam berbagai jenis pekerjaan dan proyek-proyek internasional perihal uji tuntas keuangan di lingkup Vale secara global.

Pemegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) dan pemegang titel MBA dari UCLA Anderson School of Management dan National University of Singapore ini, pernah menjabat Manajer Pengawasan Pembiayaan Proyek dan Evaluasi Keuangan Vale Indonesia selama 3 tahun.

Kemudian Febri pernah pula bertugas di kantor regional Vale Base Metals Asia Pasifik dan Afrika yang berbasis di Brisbane, Australia, selama 2,5 tahun. Di sana, dia bertanggung jawab terhadap operasional Vale Base Metals di Indonesia, Jepang, China, Taiwan, dan Afrika.

Sekembalinya ke Indonesia, dia menjabat sebagai CFO Vale Indonesia pada 2018-2019, dan menjabat Deputy CEO selama 2 tahun, sebelum akhirnya dilantik menjadi CEO & Presiden Direktur.

“Saya berkomitmen memimpin PT Vale Indonesia dalam melaksanakan agenda pengembangan di Bahodopi, Pomala, dan Sorowako, yang didorong oleh tujuan [Purpose] Vale, yakni memberi kontribusi dari pertambangan kepada masyarakat secara keseluruhan dan membawa kemakmuran bagi semua. Terlepas dari tantangan yang luar biasa, kami berkomitmen untuk menerapkan praktik karbon netral dalam memproduksi nikel, material penting untuk rencana dekarbonasi dunia,” kata Febri.

Kiprah Febriany Eddy tersebut mengantarkannnya masuk dalam jajaran Top 25 Most Influential Women in Treasury in Asia Pacific 2015, sebagai satu dari sedikit perempuan di dunia yang menempati posisi paling strategis di industri pertambangan.

Ibu dari dua anak, Kyra dan Evan, yang terpilih sebagai Asia’s Top Sustainability Superwomen 2019 itu, juga aktif menyuarakan kesetaraan, keberagaman, inklusi, dan keberlanjutan, melalui berbagai forum, seperti Women in Mining & Energy (WIME), Indonesia Business Council for Women Empowerment (IBCWE), dan kini menjabat sebagai Vice Chairman Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD).

Kecintaannya terhadap alam Indonesia membuat dirinya menekuni hobi menyelam dan menjadikan keberlanjutan sebagai misi pribadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vale indonesia tbk inco
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top