Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produk 'Tolak' Pandemi Bakal Dorong Kinerja Phapros (PEHA)

Produk Pandemi Masih Bakal Dorong Kinerja Phapros
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  18:51 WIB
Gedung PT Phapros, Tbk.  - UGM
Gedung PT Phapros, Tbk. - UGM

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten BUMN farmasi PT Phapros Tbk. menilai produk-produk yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 masih akan menjadi pendorong kinerja perseroan tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Phapros Zahmilia Akbar mengatakan tahun ini perseroan menilai sudah mulai dapat membaca pasar pasca pandemi Covid-19. Termasuk permintaan atau kebutuhan atas produk-produk yang berkaitan dengan Covid-19 yang akan didorong perseroan untuk terus dipenuhi.

Adapun, produk unggulan tersebut yakni produk pareto terutama yang berkaitan dengan Covid-19, antara lain multivitamin, produk generik, atapun produk resep bermerek.

"Faktor pendorong kinerja kami tentu kondisi kesehatan nasional dan kebutuhan atas beberapa produk sehubungan dengan pandemi tetapi daya beli pasien masih kecil akibat dampak pandemi akan menjadi tantangan tahun ini," katanya kepada Bisnis, Rabu (10/3/2021).

Zahmilia mengemukakan untuk pasar ekspor perseroan saat ini juga memiliki target untuk memperluas cakupan seperti ke Amerika Latin. Perluasan pasar itu berlaku untuk produk milik perseroan ataupun anak usaha.

Tahun lalu, perseroan mencatatkan pendapatan ekspor konsolidasi tumbuh lebih dari 5 persen. Selaras dengan hal itu, untuk pasar produk obat bebas dan obat resep bermerek yang tidak terkait dengan Covid-19 tumbuh sangat rendah.

Perseroan pun menilai penanganan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memberi dampak pada pergeseran portofolio obat Phapros yang kini menjadi mayoritas atau 51 persen untuk obat generik. Phapros mencatat angka tersebut naik dari level 49 persen sebelum Covid-19 menyerang.

Adapun, sejumlah produk yang berkaitan dengan Covid-19 ini misalnya multivitamin kombinasi vitamin C dan E (Becefort), methylprednisolone dan dexamethasone.

Sementara produk dari anak perusahaan yakni PT Lucas Djaja dan PT Marin Liza Farmasi pada tahun lalu juga telah merilis sejumlah produk yang kini sangat diminati pasar, misalnya disinfektan dan antiseptik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN farmasi pt phapros tbk
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top