Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bursa Berjangka Bergairah, Rifan Financindo Cetak Kinerja Cemerlang

PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) mencetak pertumbuhan kinerja positif sepanjang 2020 seiring dengan gairah investor dalam perdagangan bursa berjangka.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 Februari 2021  |  14:37 WIB
 Pimpinan Cabang PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Pekanbaru, Liwan Thio menjelaskan kinerja transaksi RFB sepanjang 2020 tumbuh positif 6,59 persen mencapai 1,6 juta lot. Tahun ini RFB menargetkan transaksi akan meningkat mencapai 2 juta lot.  -  Bisnis/Arif Gunawan
Pimpinan Cabang PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Pekanbaru, Liwan Thio menjelaskan kinerja transaksi RFB sepanjang 2020 tumbuh positif 6,59 persen mencapai 1,6 juta lot. Tahun ini RFB menargetkan transaksi akan meningkat mencapai 2 juta lot. - Bisnis/Arif Gunawan

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Rifan Financindo Berjangkahttps://search.bisnis.com/?q=rifan+financindo (RFB) mengalami pertumbuhan kinerja positif di sepanjang 2020 lalu meski di tengah pandemi Covid-19. Tahun ini, pialang berjangka tersebut berharap bisa menambah volume transaksi hingga 20 persen.

Pimpinan Cabang PT Rifan Financindo Berjangka Pekanbaru, Liwan Thio menjelaskan total volume transaksi perseroan tumbuh sebesar 6,59 persen menjadi 1,6 juta lot. Sampai akhir Desember tahun lalu, RFB masih menempati posisi teratas untuk kategori perusahaan pialang gabungan teraktif.

"Total pangsa pasar yang dikuasai Rifan Financindo Berjangka saat ini sekitar 19 persen, atau masih menjadi pemimpin pasar di Bursa Berjangka Jakarta," ujarnya dalam media gathering Sabtu (6/2/2021).

Sementara itu dari sisi jumlah nasabah, sepanjang 2020 lalu RFB memiliki 4.713 nasabah, atau naik 17,62 persen dibandingkan 2019. Untuk wilayah Pekanbaru, total nasabah baru yang bergabung di RFB Pekanbaru telah mencapai 381 nasabah, atau tumbuh 35,11 persen dari 2019. Liwan mengatakan bahwa kinerja positif ini dicapai berkat kerjasama yang baik antar tim di manajemen.

"Karena di masa pandemi yang dimulai sejak Maret 2020, telah banyak mengubah strategi bisnis kami agar bisa bertahan dan terus melaju," ujarnya.

Liwat menyebut pada 2021, RFB Pekanbaru menargetkan pertumbuhan volume transaksi mencapai 20 persen atau menjadi 170.567 lot dibandingkan 2020 yang sebanyak 142.139 lot.

Sementara itu untuk total nasabah baru, pihaknya optimistis bisa menggaet 500 nasabah hingga akhir tahun ini. Untuk mencapai itu, RFB Pekanbaru telah menyiapkan strategi dengan meningkatkan jumlah tenaga konsultan bisnis sebanyak 300 orang dengan Wakil Pialang Berjangka lebih dari 100 orang di tahun ini.

Selain itu kegiatan edukasi kepada media dan masyarakat melalui online trading class dan media training akan kembali digiatkan. Hal itu diperlukan karena pemahaman yang tepat terhadap bursa berjangka menjadi modal utama bagi investor.

“Jika masyarakat sudah paham, maka kami yakin transaksi di Bursa Berjangka Jakarta [BBJ] dan perdagangan berjangka akan melonjak tinggi seiring dengan bertumbuhnya minat investasi di produk-produk derivatif perdagangan berjangka," jelasnya.

Sebelumnya, dua bursa berjangka di Indonesia berhasil membukukan pertumbuhan transaksi fantastis, bahkan mencetak rekor sepanjang sejarah.

Hingga penutupan perdagangan Senin (28/12/2020), Jakarta Futures Exchange (JFX) berhasil membukukan volume transaksi multilateral dan bilateral sebesar 9,4 juta lot. Kinerja tersebut memecahkan rekor yang pernah dicapai pada tahun 2011 atau sepanjang sejarah JFX yaitu sebesar 7,58 juta lot.

Sementara itu bursa berjangka  Indonesia lainnya, yaitu Indonesia Commodity Derivatives Exchange (ICDX) berhasil membukukan angka fantastis untuk perdagangan multilateral di tahun 2020 dengan nilai transaksi mencapai Rp18 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbj bursa berjangka pekanbaru
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top