Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Berhasil Berbalik Naik pada Perdagangan Kedua 2021

Pada penutupan perdagangan Selasa (5/1/2021), Dow Jones naik 0,55 persen menjadi 30.391,6, S&P 500 naik 0,71 persen menuju 3.726,86, dan Nasdaq meningkat 0,95 persen ke level 12.818,96.
Wall Street./Bloomberg
Wall Street./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat di tengah pertarungan Partai Demokrat dan Partai Republik dalam Pemilu Senat di negara bagian Georgia. Wall Street berhasil rebound setelah koreksi pada perdagangan perdana 2021.

Pada penutupan perdagangan Selasa (5/1/2021), Dow Jones naik 0,55 persen menjadi 30.391,6, S&P 500 naik 0,71 persen menuju 3.726,86, dan Nasdaq meningkat 0,95 persen ke level 12.818,96.

Mengutip Bloomberg, saham AS naik di tengah pemilihan utama di Georgia yang akan memutuskan partai mana yang mengontrol Senat AS untuk dua tahun ke depan, yang menetapkan cakupan agenda Presiden terpilih Joe Biden.

Dalam sesi yang ditandai dengan volume perdagangan yang tipis, S&P 500 rebound setelah mengalami awal terburuk dalam satu tahun sejak 2016.

Saham energi melonjak karena minyak diperdagangkan mendekati US$50 per barel, sedangkan Indeks Russell 2000 dari perusahaan-perusahaan kecil melonjak 1,7 persen.

Dengan pasar memperhitungkan peluang lebih besar untuk menyapu Demokrat di Kongres, beberapa analis melihat potensi peningkatan volatilitas.

Untuk mengantisipasi hasil pemungutan suara Georgia, yang kemungkinan akan diketahui pada hari Rabu, imbal hasil Treasury naik - dengan ukuran kurva kunci mencapai level tertajam dalam empat tahun. Dolar merosot ke level terendah sejak Februari 2018.

Wall Street tampaknya lebih nyaman dengan gagasan Demokrat mengambil kendali atas kedua kamar Kongres, skenario tersebut menyiratkan kemungkinan paket stimulus yang lebih besar.

Hal itu berpotensi menyebabkan tekanan ke atas pada inflasi dan tarif serta pajak yang lebih tinggi untuk membayar bantuan fiskal. Sebaliknya, jika salah satu petahana Republik memenangkan pemilihan ulang, partai tersebut akan memiliki cukup suara untuk memblokir inisiatif Biden.

“Kami tidak melihat Senat Demokrat sebagai pengubah permainan bearish dalam jangka pendek karena masih akan ada banyak hal positif di pasar saham,” kata Tom Essaye, mantan pedagang Merrill Lynch yang mendirikan buletin “The Sevens Report”, menulis dalam catatan untuk klien.

Sementara itu, Presiden Donald Trump gagal lagi membatalkan kekalahannya dalam pemilihan umum di Georgia dan mengizinkan legislatif yang dipimpin Partai Republik untuk menyatakan dia sebagai pemenang - kekalahan ruang sidang terakhirnya dalam upaya aneh untuk tetap menjabat meskipun kalah dalam pemungutan suara 3 November.

Perkembangan berita lain yang menarik perhatian investor adalah keputusan mengejutkan Bursa Efek New York untuk menghindarkan tiga perusahaan telekomunikasi besar China dari pencabutan daftar.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin menelepon Presiden NYSE Group Inc. Stacey Cunningham untuk menyatakan ketidaksetujuannya, menurut dua orang yang mengetahui masalah tersebut.

Beberapa pejabat AS mengatakan langkah tersebut menandai penangguhan hukuman sementara, bukan tanda bahwa ketegangan antara Washington dan Beijing mereda.

Di tempat lain, Arab Saudi mengejutkan pasar minyak dengan penurunan besar dalam produksinya untuk Februari dan Maret, membawa beban yang lebih besar dari pemotongan OPEC + sementara produsen lain bertahan atau melakukan sedikit kenaikan.

Ini adalah beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2%.
MSCI Asia Pacific Index naik 1,1%.

Mata Uang

Indeks Spot Dolar Bloomberg merosot 0,5%.
Euro naik 0,4% menjadi $ 1,2291.
Yen Jepang terapresiasi 0,4% menjadi 102,74 per dolar.

Obligasi

Hasil pada obligasi 10-tahun naik empat basis poin menjadi 0,95%.
Imbal hasil 10-tahun Jerman melonjak tiga basis poin menjadi -0,58%.
Imbal hasil 10-tahun Inggris naik empat basis poin menjadi 0,209%.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate melonjak 4,9% menjadi $ 49,93 per barel.
Emas naik 0,3% menjadi $ 1.948,17 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper