Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SMGR dan SMCB Teken Kemitraan dengan Taiheiyo Cement Corp.

Perjanjian kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi para pihak sembari membangun hubungan baik dengan TCC.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 11 Desember 2020  |  10:39 WIB
Pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. di Narogong, Kabupaten Bogor. Solusi Bangun Indonesia merupakan entitas baru setelah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mengambil alih kepemilikan Semen Holcim dari Lafarge Cement. Adapun saat didirikan, perusahaan ini bernama Semen Cibinong. - solusibangunindonesia.com
Pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. di Narogong, Kabupaten Bogor. Solusi Bangun Indonesia merupakan entitas baru setelah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mengambil alih kepemilikan Semen Holcim dari Lafarge Cement. Adapun saat didirikan, perusahaan ini bernama Semen Cibinong. - solusibangunindonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten semen pelat merah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. menandatangani perjanjian kemitraan bersama PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SBI) yang merupakan entitasnya dan Taiheiyo Cement Corporation (TCC).

Dalam keterbukaan informasi, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan perseroan bersama SBI dan TCC menandatangani partnership agreement pada 8 Desember 2020.

“Sebagai realisasi dari kesepakatan awal untuk melakukan kerjasama strategis antara para pihak melalui suatu perjanjian kemitraan dengan TCC,” tulis Vita, dikutip Jumat (11/12/2020).

Adapun, perjanjian kemitraan tersebut merupakan perjanjian definitif yang mengatur kerjasama strategis. Tujuannya a.l. untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi para pihak sembari membangun hubungan baik dengan TCC.

Semen Indonesia sendiri telah mengakuisisi Solusi Bangun Indonesia pada 2019. Dengan adanya kemitraan dengan TCC, kerjasama keduanya diharapkan semakin baik dalam hal produksi semen dan produk turunannya, sumber daya alam termasuk batu kapur, lingkungan hidup, bahan bangunan, perdagangan semen, serta penelitian dan pengembangan.

Pada awal tahun ini, sempat dikabarkan Semen Indonesia bakal melepas sekitar 15 persen kepemilikan di PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. kepada TCC dengan nilai transaksi US$220 juta. 

Berdasarkan keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Semen Indonesia dan Solusi Bangun Indonesia (SBI) telah menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asal Jepang itu pada Selasa (21/4/2020), sebagai kesepakatan awal dari rencana kemitraan tersebut.

“Rencana kerjasama strategis antara Perseroan, SBI, dan TCC akan kemudian dituangkan dalam suatu perjanjian kemitraan terkait kerjasama dan berbagi penelitian, pengembangan, dan teknologi sehubungan dengan kegiatan usaha produksi masing perusahaan,” dikutip dari keterbukaan informasi, Rabu (22/4/2020).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen indonesia kemitraan solusi bangun indonesia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top