Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Bisnis Rumah Sakit Konglomerat Media, Seberapa Untung?

Elang Mahkota Teknologi menyampaikan perseroan telah mencaplok 4,24 miliar saham atau 71,88 persen saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME) dari PT Omni Health Care.
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK). Istimewa
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Skema aksi korporasi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. dan PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. semakin terang benderang setelah induk usaha SCTV itu mencaplok mayoritas saham emiten pengelola Omni Hospitals.

Adapun, mayoritas saham EMTK dipegang oleh konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja sebagai pengendali. Berdasarkan data Forbes Real Time Billionaires, per Selasa (1/12/2020) Eddy merupakan orang terkaya ke-15 di Indonesia dan ke-2.024 di dunia. Total kekayaanya mencapai US$1,3 miliar, atau sekitar Rp18,33 triliun.

Manajemen Elang Mahkota Teknologi menyampaikan perseroan telah mencaplok 4,24 miliar saham atau 71,88 persen saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME) dari PT Omni Health Care.

Transaksi itu dilakukan dengan harga pembelian Rp137 per saham atau senilai total Rp581,01 miliar. Harga tersebut di bawah harga SAME pada penutupan perdagangan kemarin di level Rp200 per saham.

Hingga 30 September 2020, Emtek menggenggam kas dan setara kas sebesar Rp4,22 triliun. Setelah transaksi, emiten berkode saham EMTK itu mengantongi 71,88 persen saham SAME dan sisanya digenggam investor publik.

"Emtek bermaksud untuk memperluas dan memperkuat lini usaha existing di bidang jasa pelayanan kesehatan melalui anak perusahaan," tulis manajemen Emtek dalam keterbukaan informasi, Selasa (1/12).

Lewat akuisisi itu, Grup Emtek diharapkan menjadi perusahaan yang lebih besar dan memiliki kegiatan usaha yang beragam dengan memperluas kegiatan usaha di bidang industri jasa pelayanan kesehatan di Indonesia. Bidang usaha itu dijalankan EMTK melalui anak usahanya PT Elang Medika Corpora (EMC).

Adapun, EMC memiliki empat anak usaha di bidang jasa kesehatan, yakni PT Surya Cipta Medika (SCMed), PT Graha Mitra Insani (GMI), PT Unggul Pratama Medika, dan PT Utama Pratama Medika.

Di sisi lain, pada 19 Oktober 2020, Manajemen Sarana Meditama Metropolitan membeberkan rencana untuk mengambilalih seluruh saham PT Elang Medika Corpora dari EMTK. Lewat aksi korporasi itu, SAME akan mencaplok 99,99 persen atau 1,25 juta saham EMC dengan nilai transaksi yang ditaksir mencapai Rp1,25 triliun.

Untuk memuluskan rencana itu, SAME juga merancang aksi penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue sebanyak-banyaknya 10,3 miliar saham baru.

“Manfaat rencana pengambilalihan PT Elang Medika Corpora tersebut juga diharapkan dapat mengembangkan usaha dan merealisasikan visi perseroan untuk menjadi grup rumah sakit terdepan dalam pemberian layanan kesehatan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan setiap pasien, dengan lebih efisien sehingga memaksimalkan peluang ekspansi perseroan,” terang Manajemen SAME.

Kinerja keuangan SAME memang kurang prima. Hingga akhir kuartal III/2020, perseroan membukukan rugi bersih Rp457,65 miliar. Adapun, kas dan setara kasnya tercatat hanya Rp23,52 miliar.

Di sisi lain, total liabilitas SAME mencapai Rp1,27 triliun yang terdiri atas liabilitas jangka pendek Rp217,68 miliar dan liabilitas jangka panjang Rp1,05 triliun. Total liabilitas SAME setara dengan 2,28 kali dari total ekuitasnya yang tercatat sebesar Rp557,09 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas menyatakan aksi akuisisi SAME oleh EMTK menyasar pada bisnis jangka panjang perseroan khususnya di bidang rumah sakit. Meskipun lini bisnis EMTK tidak fokus pada bisnis rumah sakit, namun ia meyakini sektor layanan kesehatan akan moncer dalam beberapa tahun ke depan.

Baginya, langkah tersebut merupakan awal yang bagus dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

EMTK juga bisa mendapatkan katalis positif. Selain memperbanyak aset, juga bisa memperluas portofolio usaha mereka,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (1/12/2020).

Sementara itu, dengan mencaplok EMC, SAME juga diuntungkan karena ke depannya perseroan bisa memperluas pangsa pasar perseroan.

Baginya, industri rumah sakit memang menjadi salah satu sektor yang paling diuntungkan pada tahun depan mengingat sektor kesehatan akan diprioritaskan dalam rangka menahan laju kasus Covid-19 pada tahun depan.

“Terkait dengan kinerja keuangan SAME yang tidak terlalu baik, seharusnya dengan dicaplok EMTK dan kondisi perekonomian yang perlahan membaik, menurut saya, kinerja keuangannya akan mengikuti,” sambungnya.

Nafan pun berharap dengan proses akuisisi ini, SAME bisa melakukan ekspansi bisnis yang lebih masif mengingat anggaran pemerintah untuk sektor kesehatan juga sangat tinggi dan agar seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan layanan kesehatan secara merata.

Secara teknikal, Nafan mengatakan SAME saat ini sedang dalam posisi uptrend. Namun dia belum menentukan target harga definitif.

Sementara untuk EMTK, saham sektor media tersebut belum terlalu likuid. Ia juga menyarankan investor untuk menunggu harga sahamnya konsolidasi terlebih dahulu dengan area beli pada Rp7.600. Kemarin, saham EMTK naik 1,8 persen ke level Rp8.475.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper