Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Walau Merugi Rp563 Miliar, Arus Kas Bentoel Investama (RMBA) Tambah Solid

Bentoel International Investama (RMBA) mencetak kerugian Rp563,86 miliar pada periode sembilan bulan 2020. Namun, arus kas perseroan bertambah solid karena mengalami meningkatan 48 persen pada periode yang sama.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  12:23 WIB
PT Bentoel Internasional Investama Tbk atau Bentoel Group adalah perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini berpusat di Jakarta dan Malang -  Bentoel
PT Bentoel Internasional Investama Tbk atau Bentoel Group adalah perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini berpusat di Jakarta dan Malang - Bentoel

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bentoel International Investama Tbk. mencetak kerugian Rp563,86 miliar pada periode sembilan 2020. Kendati demikian, arus kas perseroan mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Berdasarkan publikasi laporan keuangan Bentoel, kinerja bottom line tertekan, berbalik dari perolehan laba Rp11,25 miliar pada periode sembilan bulan 2019. Alhasil, kerugian tersebut membuat Bentoel mencetak laba bersih ber saham sebanyak Rp0,31 berbalik menjadi rugi bersih per saham Rp15,49.

Secara umum, pendapatan emiten bersandi saham RMBA itu memang turun.  Dalam periode Januari-September 2020, pendapatan penjualan turun 28 persen menjadi Rp10,41 triliun. 

Jumlah tersebut terdiri dari penjualan ke pihak ketiga sebesar Rp8,17 triliun dan penjualan ke pihak berelasi sebesar Rp2,23 triliun.

Seiring dengan penurunan penjualan, beban pokok penjualan juga ikut lungsur. Total beban penjualan turun 25 persen menjadi Rp9,44 triliun. Namun, beban pemasaran turun lebih sedikit sebesar 10,56 persen. Total beban di pos pemasaran mencapai Rp1,04 triliun. 

Di sisi lain, posisi kas dan setara kas RMBA mencapai Rp1,38 triliun per akhir September 2020. Jumlah tersebut naik 48 persen secara tahunan.

Posisi arus kas positif dan bahkan meningkat berkat penerimaan yang lebih tinggi pada aktivitas operasi. Arus kas bersih dari aktivitas operasi mencapai Rp2,82 triliun per akhir September 2020. Arus kas menjadi tebal karena ada peningkatan penerimaan restitusi pajak dan aktivitas operasi lainnya.

Di akhir sesi pertama, saham RMBA melejit 6,98 persen menjadi 368. Total nilai transaksi mencapai Rp27,3 miliar yang mana investor asing mencetak net buy sebesar Rp5,6 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten BENTOEL INTERNASIONAL
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top