Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! PTPP dan Pemprov Papua Resmikan Stadion Papua Bersatu

PTPP dan Pemprov Papua Stadion Papua Bangkit terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.
Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan untuk pagelaran PON 2020/Antara
Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan untuk pagelaran PON 2020/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konstruksi BUMN PT PP (Persero) Tbk. bersama Pemerintah Provinsi Papua meresmikan Stadion Papua Bangkit (Stadion Lukas Enembe) pada akhir pekan lalu, Jumat (23/10/2020).

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT PP Agus Purbianto menyampaikan proyek pembangunan Staion Papua Bangkit tersebut telah dirampungkan perseroan pada Juni 2019. Namun, peresmiannya baru dilakukan tahun ini, walau dalam situasi pandemi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

““Perseroan sangat berterima kasih kepada Ppemerintah pusat dan pemerintah daerah Papua yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk berkontribusi dalam membangun salah satu stadion termegah di Indonesia,” kata Agus seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (26/10/2020).

Adapun, peresmian itu diselenggarakan di arena lapangan Stadion Papua Bangkit dan dihadiri oleh para pejabat daerah setempat dan manajemen PT PP.

Stadion Papua Bangkit terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pembangunan stadion ini awalnya ditujukan untuk menyambut perhelatan PON XX Papua Tahun 2020. Apabila tidak ada pandemi, tahun ini akan menjadi pertama kalinya bagi Papua sebagai tuan ruamh ajang olahraga bergengsi nasional tersebut.

Stadion Papua Bangkit memiliki kapasitas lebih dari 40.000 penonton dengan seluruh fasilitas stadion diklaim berstandar internasional.

Bangunan dibuat tiga lantai, lintasan atletik memipiki sertifikat IAF, lapangan mengikuti standar FIFA, dan saran pendukung lainnya didatangkan langsung dari luar negeri.

Stadion yang menjadi landmark di Papua ini terdiri dari 2 lapangan yaitu lapangan utama dan lapangan pemanasan. Desain stadion disesuaikan dengan budaya Papua yaitu Honai.

Stadion yang memakan dana pembangunan hingga Rp1,3 triliun dari APBD Provinsi Papua ini pun digadang-gadang menjadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

Bahkan, Stadion Papua Bangkit masuk sebagai salah satu nominasi stadion terbaik dunia 2019 dari media online asal Polandia StadiumDB.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper