Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina hingga Jasa Marga Masuk Daftar BUMN Parah Kena Imbas Covid-19

Ada tiga sektor dari seluruh portofolio BUMN yang paling terdampak Covid-19, yakni sektor energi, transportasi dan infrastruktur.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  12:50 WIB
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. istimewa
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. istimewa

Bisnis.com,JAKARTA — Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wiraatmadja mengungkapkan sektor-sektor perusahaan pelat merah yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Kartika mengatakan ada tiga sektor dari seluruh portofolio BUMN yang paling terdampak Covid-19. Sektor pertama menurutnya adalah energi.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Pertamina (Persero) menurutnya terdampak penurunan konsumsi bahan bakar dan listrik. Kondisi itu sangat terasa dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, dia menyebut BUMN di sektor pariwisata juga terdampak langsung. Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memukul maskapai penerbangan hingga perhotelan.

Kartika mengatakan BUMN sektor infrastruktur, khususnya terkait transportasi, juga terdampak oleh pandemi Covid-19. Perseroan pelat merah yang terdampak menurutnya PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Kendati demikian, dia menyebut sudah ada kabar baik bahwa transportasi darat sudah mulai menggeliat. Menurutnya, lalu lintas di darat sudah di atas 50 persen.

“Terutama di Trans Jawa dan Trans Sumatra,” ujarnya dalam dalam seminar rangkaian Capital Market Summit & Expo 2020, Selasa (20/10/2020).

Kartika mengatakan pemulihan lalu lintas darat menjadi tanda masyarakat sudah beraktivitas baik bisnis maupun pariwisata. Namun, terjadi perpindahan moda transportasi dari umum seperti kereta dan pesawat menjadi mobil pribadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina BUMN jasa marga
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top