Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Japfa Comfeed (JPFA) Gandeng Perusahaan Belanda Dirikan Pusat Udang

JPFAmelalui anak usahanya yaitu PT Suri Tani Pemuka (STP) telah menandatangani kesepakatan usaha patungan (joint venture) dengan Hendrix Genetics Aquaculture BV untuk mendirikan pusat pembiakan induk udang di Indonesia.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 11 Oktober 2020  |  18:40 WIB
Keramba jaring apung di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara milik PT Suri Tani Pemuka atau STP - anak perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia saat ditinjau oleh matan Mentan Bungaran Saragih belum lama ini - Istimewa
Keramba jaring apung di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara milik PT Suri Tani Pemuka atau STP - anak perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia saat ditinjau oleh matan Mentan Bungaran Saragih belum lama ini - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. menggandeng perusahaan asal Belanda untuk mendirikan pusat pembiakan induk (Broodstock Multiplication Centre/BMC) udang di Indonesia.

Berdasarkan keterbukaan informasi, emiten berkode saham JPFA tersebut melalui anak usahanya yaitu PT Suri Tani Pemuka (STP) telah menandatangani kesepakatan usaha patungan (joint venture) dengan Hendrix Genetics Aquaculture BV untuk mendirikan pusat pembiakan induk udang di Indonesia.

"PT STP akan memegang 49 persen saham di perusahaan patungan ini," tulis Sekretaris Perusahaan Japfa Comfeed Maya Pradjono, seperti dikutip pada Minggu (11/10/2020).

Maya menambahkan bahwa modal awal untuk perusahaan patungan ini senilai Rp20 miliar. Dengan kepemilikan sebesar 49 persen, PT STP akan mengeluarkan dana sekitar Rp9,8 miliar dan HGA dengan kepemilikan 51 persen senilai Rp10,2 miliar.

Selain itu, PT STP juga akan membangun dan memiliki pusat pembiakan induk udang tersebut senilai Rp33,5 miliar. Nantinya, BMC itu akan disewakan kepada perusahaan patungan ini selama 10 tahun pertama dengan harga pasar. PT STP pun memiliki opsi untuk membeli BMC tersebut dengan harga pasar.

Maya menyampaikan sumber pendanaan untuk perusahaan patungan ini akan diambil PT STP dari kas internal dan/atau pinjaman bank.

"Transaksi ini diharapkan tidak memberikan dampak material terhadap nilai aset berwujud bersih konsolidasi per saham dan laba konsolidasi per saham perseroan [JPFA] untuk tahun buku berjalan," tulis Maya.

Adapun, PT STP memiliki lini usaha di bidang produksi pakan ikan dan udang, pembenihan dan pembesaran ikan dan udang, serta pengolahan produk ikan dan udang.

Sedangkan Hendrix Genetics Aquaculture BV atau HGA merupakan entitas induk dari unit bisnis Aqua Genetics dari Hendrix Genetics Group.

HG Group dikenal sebagai pemasok utama indukan udang bebas patogen yang khusus dikembangkan secara genetik untuk industri udang Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

japfa comfeed udang aksi emiten
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top