Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Japfa Ltd Dikabarkan Bakal Lego Produsen Susu Greenfields Rp7,44 Triliun

Greenfields adalah produsen susu segar dari peternakan dan fasilitas pemrosesan yang terintegrasi. Saat ini, perusahaan memiliki 10 ribu ekor sapi jenis Holstein dan Jersey yang memproduksi 43,5 juta liter susu per tahun.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 September 2020  |  15:02 WIB
Suasana produksi susu di pabrik PT Greenfields Indonesia, Malang.  - greenfields
Suasana produksi susu di pabrik PT Greenfields Indonesia, Malang. - greenfields

Bisnis.com, JAKARTA - Japfa Ltd, tengah mempertimbangkan untuk menjual anak usaha penghasil susu, PT Greenfields Indonesia senilai US$500 juta ata setara Rp7,44 Triliun (Kurs Rp14.881,56). 

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (30/9/2020), perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Singapura itu telah memulai proses penjualan Greenfield. Pihak Japfa juga telah menunjuk penasehat untuk transaksi ini. 

Sumber dari dalam perusahaan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sejumlah pihak yang berada dalam daftar pendek perusahaan telah diminta untuk melayangkan penawaran.

Meski proses penjualan telah dimulai, pihak Japfa belum dapat memastikan transaksi tersebut akan terealisasi. Adapun PT Greenfields Indonesia merupakan unit usaha Greenfields Dairy Singapore.

"Penjualan tersebut masih dalam proses pertimbangan dan belum ada kepastian akan realisasinya," demikian pernyataan sumber tersebut

Didirikan pada 1997, fokus usaha Greenfields adalah memproduksi susu segar dari peternakan dan fasilitas pemrosesan yang terintegrasi. Saat ini, perusahaan memiliki 10 ribu ekor sapi jenis Holstein dan Jersey yang memproduksi 43,5 juta liter susu per tahunnya.

Selain memasok produknya ke Indonesia, Greenfields juga memasuki pasar-pasar di negara Asia lain seperti Malaysia, Hing Kong, Filipina.

Sedangkan Japfa yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia Handojo Santosa memiliki lebih dari 40 ribu karyawan yang bekerja di jaringan pertanian dan peternakan yang terintegrasi.

Selain Greenfield, Japfa juga memiliki anak usaha lain di Indonesia, yaitu PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA). Porsi saham Japfa Ltd di JPFA mencapai 53,01 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

japfa comfeed japfa
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top