Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asing Jual Saham Vale (INCO) Rp5,52 Triliun, Divestasi ke MIND ID Rampung?

Pada 19 Juni 2020, Vale Indonesia (INCO) telah menekan perjanjian definitif jual beli saham dengan Holding BUMN Pertambangan atau MIND ID. Dalam perjanjian itu, Vale akan melepas 20 persen saham atausetara dengan 2 miliar saham ke MIND ID.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  11:30 WIB
Articulated dump truck mengangkut material pada pengerukan lapisan atas di pertambangan nikel PT. Vale Indonesia di Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2019). - ANTARA/Basri Marzuki
Articulated dump truck mengangkut material pada pengerukan lapisan atas di pertambangan nikel PT. Vale Indonesia di Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2019). - ANTARA/Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Investor asing mencatatkan transaksi net sell di saham PT Vale Indonesia Tbk. di pasar negosiasi hingga Rp5,52 triliun di sesi pertama perdagangan hari ini, Rabu (7/10/2020). Transaksi tersebut setara dengan nilai divestasi saham Vale ke holding BUMN pertambangan atau MIND ID yang ditekan pada Juni 2020 lalu.

Berdasarkan data Bloomberg, terdapat transaksi jual dan beli dengan nilai yang sama, yaitu sebesar Rp5,52 triliun. 

Transaksi jual dilakukan melalui PT Citigroup Sekuritas Indonesia, sedangkan transaksi beli dilakukan melalui Danareksa Sekuritas.

Adapun, hingga pukul 11.17 WIB harga saham INCO melemah 1,38  persen ke level Rp3.570.

Untuk diketahui, Pada 19 Juni 2020, Vale Indonesia (INCO) telah menekan perjanjian definitif jual beli saham dengan Holding BUMN Pertambangan atau MIND ID. Dalam perjanjian itu, Vale akan melepas 20 persen saham atausetara dengan 2 miliar saham ke MIND ID.

Penandatanganan perjanjian itu merupakan kelanjutan dari perjanjian pendahuluan yang sebelumnya ditandatangani pada 11 Oktober 2019 sebagai kewajiban divestasi INCO berdasarkan kontrak karya dengan pemerintah Indonesia untuk keberlanjutan operasi perseroan setelah 2025.

Dalam transaksi itu, Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd sebagai pemegang saham mayoritas INCO akan melepas kepemilikannya masing-masing sebesar 14,9 persen dan 5,1 persen kepada MIND ID.

Dengan demikian, setelah transaksi selesai maka kepemilikan saham INCO akan berubah menjadi Vale Canada Limited sebesar 44,3 persen, MIND ID sebanyak 20 persen, Sumitomo Metal Mining 15 persen, dan publik sebesar 20,7 persen.

MIND ID mencaplok 20 persen saham INCO dengan harga Rp2.780 per saham atau senilai Rp5,52 triliun atau setara US$371 juta. Transaksi itu ditargetkan akan selesai pada akhir 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inalum vale indonesia tbk net sell asing
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top