Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makin Anjlok, Harga Minyak Brent Terjun ke Bawah US$40

Pada perdagangan Rabu (9/9/2020) pukul 05.59 WIB, harga minyak WTI kontrak Oktober 2020 merosot 1,09 persen atau 0,4 poin menjadi US$36,36 per barel.
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak memperpanjang penurunan terbesarnya dalam hampir tiga bulan karena meningkatnya keraguan atas kekuatan pemulihan permintaan dan penurunan ekuitas memperburuk sentimen pasar.

Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Rabu (9/9/2020) pukul 05.59 WIB, harga minyak WTI kontrak Oktober 2020 merosot 1,09 persen atau 0,4 poin menjadi US$36,36 per barel.

Sementara itu, harga minyak Brent kontrak November 2020 anjlok 5,31 persen atau 2,23 poin ke level US$39,78 per barel.

Harga minyak kembali koreksi setelah jatuh 7,6 persen pada hari Selasa akibat penurunan minyak mentah Brent ke bawah US$40 per barel untuk pertama kalinya sejak 15 Juni 2020.

Pemulihan permintaan Asia yang terhenti, akhir musim mengemudi musim panas AS dan peningkatan pasokan dari OPEC dan sekutunya memberi sinyal prospek jangka pendek yang suram untuk harga minyak.

Kedua tolok ukur diperdagangkan dalam pola yang dikenal sebagai contango, di mana harga paling dekat berada jauh di bawah harga kontrak pasokan di bulan-bulan berikutnya.

Sinyal pasar menunjukkan lebih banyak risiko penurunan harga minyak. Perbedaan antara dua kontrak Desember terdekat - ukuran kekuatan pasar yang diawasi ketat - melemah untuk Brent dan WTI ke struktur contango terbesar mereka sejak Mei, menunjukkan kekhawatiran kelebihan pasokan.

Contango yang melebar dikombinasikan dengan penurunan harga kapal tanker, juga dapat mendorong pedagang untuk mencari penyimpanan terapung.

Menyimpan minyak mentah di laut telah menjadi menguntungkan untuk Eropa barat laut dan Mediterania, pialang kapal dan pertukaran data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan.

Pada saat yang sama, pedagang minyak mulai mencari penyimpanan di darat AS yang tersedia, menurut The Tank Tiger, pialang independen dan konsultasi kliring.

Harga minyak mentah Brent di bawah US$40 per barel menyusul dua bulan dari patokan minyak global yang sebagian besar bertahan antara US$42 dan US$45 per barel.

Pandemi virus corona masih berkecamuk dan Bank of America Merrill Lynch mengatakan dibutuhkan waktu tiga tahun bagi permintaan minyak global untuk pulih dari Covid-19, dengan asumsi ada vaksin atau obatnya.

Sementara itu, hanya 4 dari 10 penyuling Asia yang disurvei Bloomberg mengatakan mereka akan mencoba membeli lebih banyak minyak mentah Arab Saudi setelah kerajaan memangkas harga untuk Oktober karena konsumsi tetap di bawah level sebelum virus corona.

Abu Dhabi juga memangkas harga minyak mentah resmi untuk Oktober, mengirimkan sinyal bearish lebih lanjut untuk minyak.

Adapun, Presiden Donald Trump mengumumkan pelarangan yang diperluas pada pengembangan minyak lepas pantai di dekat pantai Florida dan tenggara AS ketika dia mengajukan kasus untuk catatan lingkungannya di Negara Bagian Sunshine yang harus dimenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper