Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Krakatau Steel (KRAS) Alihkan Saham RS Krakatau ke Holding Rumah Sakit BUMN

Jumlah saham yang dialihkan ke PT Pertamina Bina Medika IHC mencapai 67,86 persen. Pembayaran transaksi ini akan dilakukan sebagian dengan penerbitan sejumlah saham baru oleh Pertamina Bina Medika IHC dan sebagian secara tunai.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  11:04 WIB
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten. Bisnis
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. melakukan transaksi afiliasi antara dua anak usaha yang dimilikinya dengan PT Pertamina Bina Medika IHC selaku anak usaha PT Pertamina (Persero) dalam rangka pembentukan holding BUMN Rumah Sakit Fase II.

Berdasarkan keterbukaan informasi, emiten bersandi saham KRAS tersebut dan dua anak usahanya memindahkan hak atas seluruh kepemilikan saham sebesar 67,86 persen di PT Krakatau Medika ke PT Pertamina Bina Medika IHC. 

Sekretaris Perusahaan Krakatau Steel Pria Utama menyampaikan PT Krakatau Medika merupakan salah satu RS BUMN yang akan diintegrasikan ke dalam anggota Holding RS BUMN.

“Dalam rangka pembentukan Holding RS BUMN tersebut, manajemen PT Krakatau Steel, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon, dan PT Krakatau Bandar Samudera bermaksud melakukan pengalihan saham kepada Pertamina Bina Medika IHC,” tulis Pria, seperti dikutip pada Rabu (12/8/2020).

Adapun saham yang diambilalih oleh PT Pertamina Bina Medika IHC itu terdiri dari 11 juta saham milik KRAS, 9 juta saham milik PT Krakatau Industrial Estate Cilegon, dan 6,5 juta saham milik PT Krakatau Bandar Samudera.

Pembayaran transaksi ini akan dilakukan sebagian dengan penerbitan sejumlah saham baru oleh Pertamina Bina Medika IHC dan sebagian secara tunai.

Lebih lanjut, nilai transaksi pengalihan 11,12 juta lembar saham yang mewakili 28,5 persen saham PT Krakatau Medika milik KRAS dan dua anak usahanya tersebut mencapai Rp62,7 miliar.

Berikutnya, pemasukan KRAS dan dua anak usahanya dalam Pertamina Bina Medika IHC seluruhnya senilai Rp86,59 miliar. Setelah transaksi ini selesai, PT Pertamina Bina Medika IHC akan menjadi pemegang saham mayoritas di PT Krakatau Medika.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN rumah sakit krakatau steel
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top