Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekan Terakhir Juli, Transaksi Saham di BEI Meningkat

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, perdagangan pekan terakhir pada Juli mencatatkan beberapa penguatan baik dari transaksi harian maupun kapitalisasi pasar.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 31 Juli 2020  |  05:30 WIB
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia melaporkan adanya peningkatan transaksi saham seiring dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan terakhir Juli 2020.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, perdagangan pekan terakhir pada Juli mencatatkan beberapa penguatan baik dari transaksi harian maupun kapitalisasi pasar. IHSG naik sebesar 1,31 persen ke level 5.149 dari level 5.082 pada pekan sebelumnya.

Peningkatan juga terjadi pada kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia sebesar 1,32 persen atau Rp5.968 triliun dibandingkan pekan lalu sebesar Rp5.890 triliun.

BEI pun mencatat rata-rata frekuensi transaksi harian mengalami peningkatan sebesar 0,60 persen menjadi 719.261 kali transaksi dibandingkan pekan lalu sebesar 714.973 kali transaksi.

Adapun, rata-rata nilai transaksi harian pasar di bursa mengalami perubahan sebesar 0,67 persen menjadi Rp8,31 triliun dari Rp8,37 triliun pada penutupan minggu lalu.

Investor asing pada hari terakhir perdagangan (30/7/2020) mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp49,58 miliar, sedangkan selama tahun 2020 mencatatkan jual bersih sebesar Rp19,497 triliun.

Selain itu, rata-rata volume transaksi harian bursa naik 11,05 persen menjadi 11,69 miliar saham dibandingkan pekan lalu sebesar 10,52 miliar saham.

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji mengatakan pihaknya telah berusaha menciptakan produk yang dapat memberikan akses lebih luas kepada stakeholders, salah satunya dengan meluncurkan Produk Layanan Data.

"Layanan data merupakan upaya Bursa untuk memberikan kemudahan bagi stakeholders dalam mengakses informasi pasar modal yang menjadi salah satu valueable resources bagi perusahaan di era digital saat ini," katanya dalam siaran resmi Jumat (31/7/2020).

Dua produk yang diluncurkan tersebut, yaitu IDX Equity Real Time Summary dan IDX Equity Real Time Indices. Kedua produk tersebut merupakan ringkasan harga saham dan data indeks yang bersumber dari sistem perdagangan BEI dan dapat diakses secara real time.

Produk ini dapat digunakan oleh Anggota Bursa, perusahaan penyedia data, financial advisor, research institution, asset management, media, Perusahaan Tercatat dan start-up untuk menjadi salah satu sumber terpercaya dalam mendukung keputusan bisnis, serta investasi ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham bursa efek indonesia
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top