Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tunda Bayar Obligasi, Saham Modernland (MDLN) Digembok

Modernland gagal membayar pokok obligasi senilai Rp150 miliar yang jatuh tempo hari ini, Selasa (7/7/2020).
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  10:16 WIB
Green Central City Gadjah Mada, Jakarta, salah satu proyek superblok yang dibangun oleh Modernland Realty. - moderland.co.id
Green Central City Gadjah Mada, Jakarta, salah satu proyek superblok yang dibangun oleh Modernland Realty. - moderland.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham PT Modernland Realty Tbk (MDLN) mulai hari ini, Selasa (7/7/2020).

Berdasarkan keterangan bursa, penghentian sementara atau suspensi saham Modernland merujuk pada pengumuman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 6 Juli 2020 perihal penundaan pembayaran pokok obligasi.

Modernland seharusnya membayar pokok Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2015 seri B senilai Rp150 miliar pada hari ini sesuai tanggal jatuh tempo.

Menurut BEI, penundaan pembayaran pokok tersebut menimbulkan keraguan atas keberlangsungan usaha Modernland. Oleh karena itu, suspensi saham diberlakukan untuk emiten bersandi MDLN tersebut hingga pengumuman lebih lanjut.

"Bursa meminta kepada pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," tulis BEI dalam pengumuman yang diterbitkan Selasa (7/7/2020).

Harga saham MDLN terakhir terpantau di level 55 atau hampir mendekati level 50 alias gocap. Dalam periode tahun berjalan, saham MDLN sudah tergerus 74,30 persen. Total kapitalisasi pasar saham MDLN tercatat sebesar Rp689,32 miliar.

Untuk diketahui, obligasi yang jatuh tempo adalah Obligasi Berkelanjutan I Modernland Realty Tahap I Tahun 2015 seri B. Obligasi itu memiliki tenor lima tahun dengan tingkat kupon 12,5 persen per tahun.

Berdasarkan pengumuman KSEI yang dikutip Bisnis, Modernland akan menggelar rapat umum pemegang obligasi (RUPO) pada 14 Juli 2020 mendatang. Salah satu agenda RUPO adalah perubahan tanggal pelunasan pokok obligasi tersebut. 

"Kami sampaikan bahwa pembayaran pokok Obligasi  Berkelanjutan I Modernland Realty Tahap I Tahun 2015 seri B kepada pemegang obligasi melalui pemegang rekening yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2020, ditunda," tulis KSEI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suspensi modernland
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top