Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ganda Sawit Utama Lepas Sebagian Saham Pan Brothers (PBRX) ke Burlingham

Dengan transaksi tersebut, jumlah saham yang dimiliki Ganda Sawit Utama atas Pan Brothers berkurang menjadi 1,04 miliar lembar saham atau setara 16 persen dari total seluruh saham yang diterbitkan.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  15:26 WIB
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk.  - panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. - panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten tekstil PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) melaporkan transaksi peralihan sama yakni pelepasan investasi antara PT Ganda Sawit Utama kepada Burlingham International Limited.

Dalam surat keterangan kepada Bursa Efek Indonesia, Rabu (1/7/2020), Pan Brothers menyatakan bahwa pada Rabu (22/6/2020), Ganda Sawit Utama telah mengalihkan investasi saham sebesar 450 juta lembar saham atau 6,95 persen dari seluruh saham yang diterbitkan perseroan kepada Burlingham.

Nilai nominal transaksi tersebut adalah sebesar Rp288 per saham, sehingga nilai penyertaan perusahaan yang berlokasi di Singapura tersebut atas emiten berkode saham PBRX tersebut adalah sebesar Rp129,6 miliar.

Dengan transaksi tersebut, jumlah saham yang dimiliki Ganda Sawit Utama atas Pan Brothers berkurang menjadi 1,04 miliar lembar saham atau setara 16 persen dari total seluruh saham yang diterbitkan.

Jika merujuk pada nilai nominal sebesar Rp288 per lembar saham, maka total nilai penyertaan Ganda Sawit Utama terhadap pemasok pakaian untuk jenama Uniqlo tersebut adalah Rp298,61 miliar.

“Transaksi penyertaan saham tersebut bukan merupakan transaksi afiliasi maupun transaksi benturan kepentingan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bapepam No. IX.E.1 Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: Kep-412/BL/2009 tanggal 25 November 2009 Tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan,” tulis manajemen Ganda Sawit Utama dalam surat keterangan yang ditandatangani Head Legal Djuaman.

Untuk diketahui, sebelum terjadi transaksi, Ganda Sawit Utama bukanlah pemegang saham pengendali perseroan. Hal ini dikarenakan kepemilikan saham PT Trisetijo Manunggal Utama lebih besar dari perusahaan tersebut dengan jumlah saham kepemilikan sebesar 1,81 miliar atau 27,98 persen dari total jumlah saham yang beredar sekitar 6,48 miliar lembar saham. 

Di sisi lain, dikutip dari data Bloomberg, Burlingham adalah perusahaan distribusi aneka industri berskala besar yang memiliki markas besar di Amerika Serikat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pan brothers
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top