Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Pandemi Covid-19, Begini Strategi Mitra Adiperkasa (MAPI)

Tahun lalu Mitra Adiperkasa mencetak kinerja cukup cemerlang dengan kenaikan laba bersih 26,86 persen.
SOGO Kelapa Gading. Isitimewa
SOGO Kelapa Gading. Isitimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) atau MAP mengumumkan pencapaian kinerja keuangan 2019 yang cukup cemerlang. Kinerja perseroan tahun ini disebut bakal terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Pendapatan bersih perusahaan meningkat 14,05 persen menjadi Rp21,58 triliun dengan same store sales growth (SSSG) sebesar 4 persen, laba usaha menjadi Rp1,9 triliun (+28,2 persen), EBITDA tercatat Rp2,8 triliun, tumbuh sebesar 21,5 persen. 

Sementara laba itu,  bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 26,86 persen menjadi Rp933,49 miliar.

Vice President Investor Relations & Corporate Communications MAP Group Ratih D. Gianda mengatakan pencapaian perusahaan untuk tahun 2019 mencerminkan kekuatan dan kemapanan portofolio usaha MAP yang beragam meski sarat dengan tantangan.

“Di masa yang akan datang, kami memperkirakan wabah Covid-19 akan mempengaruhi pencapaian tahun 2020, namun kami tengah mengambil langkah-langkah yang nyata untuk meminimalisir dampak dan rintangan yang terjadi pada bisnis MAP,” jelasnya dikutip dari siaran pers, Kamis (16/4/2020).

Ratih menerangkan,pandemi Covid-19 akan memicu kondisi normal yang baru. Oleh karena itu, perseroan akan mengendalikan biaya dengan lebih ketat, mengutamakan fokus pada omni-channel melalui kemitraan dengan perusahaan agregator dan fintek serta memperkuat MAP Club yang akan menjadi ‘kendaraan’ dalam perjalanan omni-channel perusahaan.

“Kami melihat peluang yang luar biasa untuk MAP di masa mendatang. Sementara itu untuk menghadapi tantangan jangka pendek, MAP berada di posisi yang tepat untuk berkembang lebih pesat setelah melewati krisis ini,” tutur Ratih menyimpulkan.

Perseroan yang mengoperasikan gerai Sogo ini meyakini pertumbuhan pendapatan sepanjang tahun 2019 didorong oleh kekuatan fundamental usaha MAP, didukung oleh kinerja bisnis Active, Food & Beverage, Digimap, serta laju perkembangan usaha e-commerce yang kuat melalui kanal digital termasuk Mapemall, PlanetSports.asia dan Zara yang meningkat lebih dari 100 persen.

Pencapaian yang kuat pada kuartal IV/2019 menjadikan perusahaan meraih kinerja terbaiknya di tahun 2019 yang mencerminkan kekuatan strategi MAP 360? Retailing yang mencakup seluruh segmen konsumen ritel mulai dari Department Stores, Fashion & Beauty, Sports & Kids, Digital, Travel, dan Food & Beverage.

Pada kuartal tersebut, pendapatan bersih perseroan tumbuh 21,1 persen menjadi Rp6,2 triliun, SSSG sebesar 8 persen, dan laba bersih menjadi Rp350,6 miliar (+55,3 persen). Dengan demikian, didukung oleh pengendalian biaya yang ketat, MAP berhasil tumbuh secara signifikan di tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper