Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Listing, Saham Dealer Mitsubishi (PMJS) Melejit

Dalam IPO, PT Putra Mandiri Jembar Tbk. melepas sebanyak 137,6 juta saham baru di level harga Rp125 per saham dan menghimpun dana sebesar Rp17,2 miliar.
Seremoni pencatatan saham perdana PT Putra Mandiri Jembar Tbk. di Bursa Efek Indonesia, Rabu (18/12/2019)./Bisnis-Muhammad Ridwan
Seremoni pencatatan saham perdana PT Putra Mandiri Jembar Tbk. di Bursa Efek Indonesia, Rabu (18/12/2019)./Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA — Saham PT Putra Mandiri Jembar Tbk., langsung melejit 54,40% pada hari pertamanya melantai di Bursa Efek Indonesia pada perdagangan Rabu (18/12/19).

Bloomberg mencatat, ke-53 yang tercatat di papan Bursa Efek Indonesia pada tahun ini tercatat menguat 68 poin atau 54,40% menuju level Rp193 per saham pada pukul 10.30 WIB perdagangan hari ini.

Adapun emiten berkode saham PMJS melepas sebanyak 137,6 juta saham baru pada gelaran initial public offering (IPO). Dari gelaran tersebut, PMJS berhasil menghimpun dana sebesar Rp17,2 miliar.

Perseroan menunjuk PT Ciptadana Sekuritas Asia sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Masa penawaran umum sebelumnya telah dilangsungkan pada 12 Desember 2019–13 Desember 2019.

Bersamaan dengan itu, perseroan akan menerbitkan saham baru kepada Mitsubishi Corporation dalam rangka pelaksanaan konversi convertible bond sebanyak 2,73 miliar saham. Harga yang ditetapkan adalah Rp125 per saham.

Ie Putra, Direktur Keuangan Putra Mandiri Jembar, menjelaskan bahwa dana yang dihimpun dari gelaran IPO akan diberikan sebagai pinjaman kepada entitas anak perseroan yaitu PT Dipo International Pahala Otomotif untuk pengembangan usaha.

Ekspansi yang akan dilakukan perseroan melalui entitas anaknya antara lain pembangunan diler baru beserta fasilitasnya dan memperluas jaringan diler.

“Dana IPO bisa digunakan untuk membangun 5 outlet,” katanya di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Sekadar informasi, PMJS merupakan perseroan holding yang melakukan investasi dalam bidang perdagangan, diler resmi, dan jasa-jasa yang berhubungan dengan kendaraan bermotor termasuk jasa reparasi dan perawatan, penyewaan kendaraan, dan platform pasar otomotif melalui entitas anak.

Hingga saat ini, perseroan memiliki 45 jaringan outlet dan diler Mitsubishi, 2 diler Nissan, dan 1 diler Mercedes Benz. Kegiatan usaha yang dilakukan pada diler perseroan meliputi penjualan unit kendaraan, penjualan suku cadang dan jasa perbaikan kendaraan.

Per semester I/2019, PMJS mencatatkan penjualan bersih mencapai Rp4,08 triliun dan laba bersih peride berjalan senilai Rp99,08 miliar. Total aset per Juni 2019 ialah Rp3,55 triliun dengan total liabilitas senilai Rp1,72 triliun, sedangkan total ekuitas perseroan tercatat senilai Rp1,83 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper