Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Dealer Mobil Mitsubishi (PMJS) Cetak Laba Rp148 Miliar

Emiten dealer Mitsubishi, PT Putra Mandiri Jembar Tbk. (PMJS) mencetak pertumbuhan pendapatan pada Semester I/2022. Kenaikan tersebut membuat laba bersih naik.
Mitsubishi New Pajero Sport. /Mitsubishi
Mitsubishi New Pajero Sport. /Mitsubishi

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten dealer Mitsubishi, PT Putra Mandiri Jembar Tbk. (PMJS) mencetak pertumbuhan pendapatan pada Semester I/2022. Kenaikan tersebut membuat laba bersih naik lebih dari dua kali lipat.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2022, emiten berkode PMJS ini mencatatkan laba bersih atau laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp148,64 miliar tumbuh 142,62 persen dari Rp61,02 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih tersebut berasal dari penjualan bersih yang cukup meningkat pada Semester I/2022 ini. Penjualan PMJS tercatat Rp5,71 triliun tumbuh 35,81 persen dibandingkan dengan Rp4,2 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Kinerja penjualan yang meningkat terutama ditopang dengan kenaikan penjualan kendaraan yang tumbuh 36,7 persen menjadi Rp5,34 triliun. Penjualan suku cadang juga meningkat Rp55 miliar menjadi Rp213,2 miliar.

Pendapatan jasa service, dan penjualan perbaikan body kendaraan juga turut meningkat. Satu-satunya yang anjlok yakni pendapatan dari sewa kendaraan yang turun 16,75 persen menjadi Rp7,78 miliar.

Seiring kenaikan penjualan, beban pokok penjualan juga turut meningkat 34,9 persen menjadi Rp5,3 triliun dari Rp3,93 triliun. Pertumbuhan yang lebih kecil dari kenaikan penjualan tersebut membuat laba kotor PMJS tumbuh dari Rp277,58 miliar menjadi Rp411,51 miliar.

Untungnya, PMJS berhasil menahan beban usaha stabil pada level Rp171,3 miliar, karena berhasil meningkatkan penghasilan lain-lain dari Rp35,18 miliar menjadi Rp42,7 miliar.

PMJS pun mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp240,16 miliar pada paruh pertama tahun ini, lebih tinggi dibandingkan dengan Rp106,26 miliar periode yang sama tahun lalu.

Adapun, posisi jumlah aset PMJS tercatat sebesar Rp3,77 triliun per 30 Juni 2022, sedikit turun dibandingkan dengan Rp3,99 triliun pada akhir 2021. Sedangkan, jumlah liabilitas PMJS mengalami penyusutan dari Rp1,52 triliun menjadi Rp1,2 triliun.

PMJS sebagai perusahaan induk yang menjalankan kegiatan usahanya melalui Anak Usaha (PT Dipo Internasional Pahala Otomotif, PT Dipo Angkasa Motor, PT Dipo Pahala Otomotif, PT Global Pahala Rental dan PT Mobilku Dotcom Sejahtera) di bidang perdagangan.

PMJS juga menjadi dealer resmi dan jasa-jasa yang berhubungan dengan kendaraan bermotor termasuk jasa reparasi dan perawatan, penyewaan kendaraan dan platform pasar otomotif. PMJS memiliki 45 jaringan outlet dan dealer Mitsubishi, 2 dealer Nissan dan 1 dealer Mercedes Benz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper