Bidik Dana IPO Hingga Rp62 Miliar, Ini Rencana Gaya Abadi Sempurna

Gaya Abadi Sempurna melalui entitas anaknya menyediakan dan menjual kendaraan ramah lingkungan energi listrik dalam berbagai jenis, seperti sepeda motor listrik, gold cart listrik, bajaj listrik, balancing scooter, kursi roda lipat listrik dan robot vacum cleaner.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 10 September 2019  |  18:27 WIB
Bidik Dana IPO Hingga Rp62 Miliar, Ini Rencana Gaya Abadi Sempurna
Jajaran Direksi dan Komisaris PT Gaya Abadi Sempurna dalam Due Diligence Meeting & Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham, Selasa (10/9/2019)./Bisnis - Azizah Nur Alfi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Gaya Abadi Sempurna siap melantai di Bursa Efek Indonesia setelah menggelar initial public offering dengan melepas sebanyak-banyaknya 500 juta saham atau 25% dari jumlah modal disetor setelah penawaran umum.

Dalam IPO, harga penawaran saham Gaya Abadi Sempurna dipatok antara Rp100-Rp125 per saham. Mengacu pada kisaran harga itu, dana yang diincar Gaya Abadi Sempurna dari hasil IPO sekitar Rp50 miliar-Rp62,5 miliar.

Komisaris Independen Gaya Abadi Sempurna Hadi Avilla Tamzil mengatakan, perseroan ingin memanfaatkan momentum kebijakan pemerintah tentang kendaraan listrik dalam rencana IPO ini. Apalagi, jika berjalan sesuai rencana, Gaya Abadi Sempurna bakal menjadi emiten produsen sepeda motor listrik pertama yang melantai BEI pada 7 Oktober 2019.

Saat ini, kapasitas terpasang perseroan sebanyak 20.000 unit per bulan per shift. Adapun, utilisasi kapasitas baru mencapai 30%.

Target penjualan yang dibidik sebesar Rp300 miliar dan laba bersih Rp20 miliar hingga akhir tahun ini. Pada 2023, penjualan diproyeksi dapat mencapai Rp700 miliar dan laba bersih Rp67 miliar.

"Kami yakin [melantai di Bursa] walaupun pasar sedang volatil. Seiring dengan kebijakan pemerintah, kami yakin tetap survive. Capital market juga terus didorong sehingga bagi kami ini momentum yang tepat," katanya.

Direktur Utama Gaya Abadi Sempurna Edi Hanafiah Kwanto mengatakan, potensi bisnis perdagangan komponen elektronik masih terbuka lebar. Begitu pula, entitas anak yang menyediakan dan menjual kendaraan ramah lingkungan dengan sumber energi listrik.

"Faktor pendukung positif dalam industri kendaraan listrik ini ialah langkah pemerintah dengan mengesahkan Peraturan Presiden No.55 Tahun 2019 pada 5 Agustus 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan," terangnya.

Gaya Abadi Sempurna melalui entitas anaknya menyediakan dan menjual kendaraan ramah lingkungan energi listrik dalam berbagai jenis, seperti sepeda motor listrik, gold cart listrik, bajaj listrik, balancing scooter, kursi roda lipat listrik dan robot vacum cleaner. Produk-produk tersebut dikenal dengan merek dagang Selis.

Adapun, kegiatan operasional perseroan yakni melakukan pembelian secara impor dan perdagangan bahan baku barang elektronik seperti komponen elektronik dan elektrik, dengan produk akhir seperti kipas angin, tusuk kontak, kotak kontak, sakelar listrik dan bola lampu. Produk-produk itu dikenal dengan merek Juara. Perseroan juga melakukan pembelian untuk komponen kendaraan listrik dan kendaraan non listrik.

Director of Operations Gaya Abadi Sempurna Wilson Teoh mengatakan, saat ini penjualan sepeda motor listrik memberikan kontribusi 30% terhadap penjualan perseroan. Namun demikian, perseroan bakal memperbesar porsi penjualan sepeda motor listrik seiring dengan kebijakan pemerintah tentang kendaraan listrik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipo, bei

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top