Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Obligasi : Harga Bergerak Terbatas, Perhatikan SUN Tenor Menengah dan Panjang

Mirae Aset Sekuritas memperkirakan harga surat utang negara (SUN)  menguat terbatas pada perdagangan Senin (17/6/2019).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  09:36 WIB
Ilustrasi - www.hennionandwalsh.com
Ilustrasi - www.hennionandwalsh.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Mirae Aset Sekuritas memperkirakan harga surat utang negara (SUN)  menguat terbatas pada perdagangan Senin (17/6/2019).

Analis Fixed Income Mirae Asset Sekuritas Indonesia Dhian Karyantono mengatakan, potensi menguatnya harga SUN di pasar sekunder masih didorong oleh terjaganya ekspektasi pelaku pasar terhadap adanya sinyal penurunan suku bunga acuan The Fed pada pertemuan FOMC minggu ini 

Menurutnya, berdasarkan indikator CME FedWatch Tool, pelaku pasar masih memprediksi bahwa  suku bunga acuan The Fed pada tahun ini akan dipangkas sebanyak tiga kali hingga ke level 1,50% - 1,75% dibandingkan dengan level saat ini di rentang 2,25% - 2,50%.

Khusus untuk probabilitas diturunkannya suku bunga acuan The Fed hingga mencapai kisaran 1,50% - 1,75% (hingga tiga kali di tahun ini) masih berada di bawah 50%. 

Namun demikian, adanya beberapa katalis negatif bagi pasar obligasi akan membatasi kenaikan harga SUN.  Beberapa katalis tersebut adalah meningkatnya risiko pasar modal global sebagai akibat dari isu perang dagang AS – India, harga minyak mentah dunia yang mulai pulih, dan agenda lelang SUN esok hari.

Dia merekomendasikan Short-Term Trading dengan adanya kemungkinan turunnya tingkat pengangguran Turki per Maret 2019 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal ini bisa menjadi katalis positif bagi pergerakan harga SUN di sesi kedua perdagangan. Dengan demikian, investor bisa melakukan perdagangan jangka pendek/intraday trading dengan rekomendasi seri FR0078 dan FR0068.   

Sementara itu, untuk Long-Term Trading, didasarkan pada kemungkinan bahwa lelang SUN esok hari mengalami kenaikan minat investor dan memanfaatkan momentum terhadap adanya ekspektasi pelaku pasar atas sinyal penurunan suku bunga acuan The Fed serta Bank Indonesia.

"Kami masih merekomendasikan investor untuk aksi hold hingga buy seri SUN tenor menengah dan panjang di antaranya FR0059, FR0078, FR0074, FR0065, FR0068, FR0072, dan FR0079," jelasnya melalui riset Senin (17/6/2019).

Selain itu, investor bisa mencoba alternatif lain pada seri-seri PBS didasarkan pada tingkat imbal hasil yang relatif masih tinggi dibandingkan dengan tenor yang sama pada seri SUN.   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi surat utang negara pasar obligasi
Editor : Riendy Astria
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top