Indeks Reksa Dana Campuran Catat Return Tertinggi

Kinerja indeks reksa dana campuran tercatat paling tinggi di antara reksa dana terbuka lainnya sepanjang tahun berjalan 2019.
Riendy Astria
Riendy Astria - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  14:59 WIB
Indeks Reksa Dana Campuran Catat Return Tertinggi
Peneliti Senior PT Bursa Efek Indonesia Poltak Hotradero (dari kiri) bersama Direktur Infovesta Utama Ignasius SK Purnomo, mendengarkan pembicaraan Ketua Asosiasi Manajer Investasi Indonesia Edward P. Lubis, sebelum konferensi pers penyelenggaraan Indonesia Investment Conference Exhibition (IICE), di Jakarta, Rabu (7/11/2018). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja indeks reksa dana campuran tercatat paling tinggi di antara reksa dana terbuka lainnya sepanjang tahun berjalan 2019.

Berdasarkan data Infovesta Utama per 15 Februari, kinerja indeks reksa dana campuran mampu mengungguli indeks reksa dana lainnya dengan pencapaian 1,83%. Namun demikian, kinerja tersebut masih di bawah indeks acuannya yang mencapai 2,13%.

Kemudian, di susul indeks reksa dana pendapatan tetap dengan return 1,08%. Pencapaian tersebut mampu outperform dari indeks acuannya yang tercatat 0,96%.

Sementara itu, indeks reksa dana pasar uang tercatat 0,69% dan indeks reksa dana saham tercatat 0,60%. Indeks reksa dana saham menjadi yang terendah di antara indeks lainnya. Padahal, pada akhir Januari 2019, reksa dana saham berhasil mencatatkan return tertinggi dengan pencapaian 3,56%.

Industri reksa dana mencatat kinerja yang tidak menggembirakan pada penutupan pekan lalu. Anjloknya kinerja IHSG dan koreksi yang terjadi pada pasar obligasi menyebabkan buruknya kinerja indeks reksa dana saham, campuran, dan pendapatan tetap sehingga masing-masing mencatatkan return -2.46%, -1.38%, dan -0.45%.

 Adapun satu-satunya indeks reksa dana yang mencatatkan pertumbuhan adalah jenis pasar uang meski tumbuh terbatas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
reksa dana, infovesta utama

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top